Beliadi nilai KPU Beltim kurang Luwes dalam menangartikan aturan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Manggar  – Beliadi menanggapi terkait arahan dari Ketua KPU Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Rizal, ST, yang menyapaikan untuk seluruh pimpinan partai di tingkat kabupaten, yakni ketua DPC atau DPD “wajib” hadir saat pendaftaran calon bupati dan wakil bupati pada tahapan Pilkada Beltim 2020, Beliadi sebagai Ketua DPC Gerindra Beltim menilai keputusan yang disampaikan Ketua KPU Beltim tidak luwes dalam mengartikan peraturannya. Sabtu (05/20)

Dalam kesempatan ini Beliadi yang juga sebagai Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengungkapkan keberatannya dengan arahan yang disampaikan Ketua KPU untuk “wajib” hadir bagi pimpinan partai pendukung di tingkat kabupaten, yakni ketua DPC atau DPD pada saat pendaftaran calon bupati dan wakil bupati pada tahapan Pilkada Beltim 2020 ini. Beliadi menyapaikan hal ini bukanlah tanpa alasan, Beliau sebagai Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPRD Babel, dirinya memiliki bayak tugas dan padat yang menyangkut aspirasi dewan dan masyarakat di Babel ini.

Dan Untuk diketahui bersama terutama masyaralat Beltim, untuk pasangan bakal Calon Bupati dan wakil Bupati Beltim dengan tagline Berakar (Bersama Aan – Khairil Merakyat) yang didukung dan diusung oleh empat yaitu partai Partai Golkar, PKS, PPP, dan Partai Gerindra direncanakan akan datang ke kantor KPU Beltim untuk mendaftar sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Beltim di Pilkada Serentak 2020 pada hari Minggu 6 Septerber 2020.

Beliadi dalam Hal ini menyapaikan bahwa beliau tidak bisa hadir pada saat pendaftaran tersebut, adapun alasan kenapa tidak bisa hadir dikarnakan ada tugas Kedewanan Provinsi Babel. Saya pada hari minggu pagi tanggal 6 september itu harus berangkat kejakarta dan sorenya atau senin harus langsung kepangkal pinang, karna tidak ada pesawat yang langsung kepangkal pinang jadi saya harus kejakarta dulu. ” ungkap Beliadi

“Sebenarnya untuk tidak hadir di DPRD Babel mungkin tidak masalah, mungkin saya dianggap kawan-kawan fraksi yang ada di DPRD provinsi tidak konsisten, karena tidak ikut bersama-sama memperjuangkan hak-hak dewan dan hak-hak masyarakat dalam memberikan tanggapan dan kajian serta masukan terhadap lahirnya Perpres 33 tahun 2020,” ujarnya.

Dengan mendengar dan menyadari arahan dari ketua KPU seperti ini, yang mana mewajibkan ketua ketua partai pengusung untu wajib hadir. Seementara dirinya harus berangkat ke Pangkalpinang, maka Beliadi pun menelaah dan memberi tanggapan terbadap aturan tersebut.

Yang saya ketahui dan saya baca terkait peraturannya, ternyata tidak ada yang mewajibkan ketua di tingkat kabupaten wajib hadir untuk menyerahkan dokumen pencalonan Bupati atau Walikota dan yang mewajibkan Ketua di tingkat provinsi wajib hadir untuk menyerahkan administrasi atau dokumen pencalonan Gubernur.
Namun pihak dari KPU Beltim tetap bersikeras, mereka mengatkan “berkas akan ditolak kalau ketua DPC tidak hadir,” tegas Beliadi.

Dijelaskannya, dalam aturan tersebut memang mewajibkan pengurus partai pengusung dan pendukung wajib hadir. “Pengurus ini kan 1 (satu) orang yang hadir dianggap pengurus, 10 (sepuluh) orang yang hadir dianggap pengurus, atau 100 persen hadir dari tingkat Ranting sampai DPC adalah pengurus. Jadi pengurus yang wajib hadir, bukan(spesifik) pada ketua kabupaten atau ketua provinsi dalam pengusungan Bupati atau walikota,.

“Wajib” hadir, dalam aturan ini tidak disebutkan spesifiknya. Namun menurutnya KPU tetap berkeras dengan sudut pandang mereka.
“Kawan-kawan KPU (KU Beltim, Red) ini dinilai sedikit egois dan arogan dalam mengartikan peraturan karena itu kan bahasanya “pengurus”, dan pengurus itu kan bisa diwakilkan. Karenanya tidak harus semua pengurus hadir, tidak harus Ketua yang hadir secara fisik, yang jelas ialah fisik pendaftaran dalam bentuk surat, tanda tangan, dan format-format itu kan dianggap sudah memenuhi unsur hukum dan sudah bisa diterima,” ujar Beliadi.

Namun demikian, Beliadi akan mempertimbangkan kedua kepentingan tersebut. Apakah hadir

 

 

Tim

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *