Bisa ubah sampah Plastik jadi cantik, Casmini warga Desa Sibubut Cirebon butuh perhatian pemerintah

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Cirebon – Casmini (45) warga  Blok/Dusun 3 Rt 013 Rw 04 Desa Sibubut, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Provinsi Bawa Barat sudah empat tahun menggeluti kerajinan kantong plastik bekas kopi, teh jus dan bekas kantong nutrisari, bekas kantong plastik tadi diubah olehnya menjadi barang jadi seperti tas, dompet, peci dan tikar, hingga terlihat Cantik.

Kerajinan dan kreatifitas semacam ini perlu dikembangkan dan di teruskan sehingga kerajinan ini bisa dikenal di masyarakat desa Sibubut sendiri sampai nasional maupun mancanegara.

Namun tentunya untuk bisa sesuai dengan keinginan harus ada dorongan dari pemerintah daerah agar kerajinan Casmini ini bisa dikenal di masyarakat luas.

Kepada media ini Casmini mengatakan bahwa kreatifitas dan kerajinan yang dia kerjakan dan lakukan ini sudah berjalan hampir empat tahun, tetapi belum maksimal karena terbentur Faktor peralatan pendukung dan permodalan sehingga kerajinan kami ini masih biasa-biasa saja belum terlihat dan di kenal luas, ungkapnya.

“Saya berharap pemerintah mulai tingkat desa sampai pusat dapat memperhatikan kami dalam mengembangkan kreatipitas dan kerajinan yang sedang kami kerjakan dan ada di desa Sibubut ini,” ujar Casmini.

Selain itu sata juga sangat mengharapkan sekali perhatian dan sentuhan dari pemerintah pusat dan daerah agar dapat membantu mengembangkan kerajinan yang kami miliki saat ini, kami sangat berterima kasih apabila dari Pemdes Sibubut sendiri mau dan sudi untuk mengangkat prodak-prodak yang kami miliki saat ini,” tambahnya.

“Kami mendapat kesulitan dalam hal pemasaran dan permodalan, sehingga produk yang kami punyai tidak bisa keluar, hingga kurang dikenal masyarakat luas. maka dari itu kami sangat berharap sekali baik pemerintah desa maupun kabupaten untuk bisa mendorong aktifitas hasil kreatifitas kami ini agar mau melakukan pembinaan dan dorongan moril pada kami,” imbuhnya.

Sementara itu, Kuwu desa sibubut Abidin mengatakan bahwa mengenai produk Ibu casmini yang selama ini ada dan dia lakukan itu terus terang kami belum melihat sama sekali, sehingga kami perlu tahu dulu sejauh mana dan produk apa saja yang Ibu casmini punyai,” terang Kuwu Abidin.

“Kami selaku Kuwu Desa Sibubut merasa senang dan bangga, ada warga kami yang bisa mengembangkan kreatifitasnya yahni bisa merubah barang dari sampah yang terpakai bisa di jadikan komoditi yang cukup unik dan mahal nilainya,” tandasnya.

Abidin juga menambahkan bahwa untuk menanggapi permintaan dari Ibu casmini terkait bantuan, kami dari Pemdes Sibubut akan siap memberikan bantuan, namun kita harus melihat dulu produk yang di hasilkan Ibu casmini,” pungkasnya.

“Di desa kami ada beberapa warga yang mempunyai kreatipitas dan kerajinan yang perlu kami perhatikan dan kami bantu,kesemua itu akan kami lihat produk-produk yang mereka hasilkan,” ujarnya.

Kami tidak ingin ujuk -ujuk memberikan bantuan tanpa melihat dan ngobrol langsung dengan perajin tersebut,sehingga bantuan yang kami gelontorkan nanti bisa dikembangkan dan di kelolah dengan baik oleh perajin tersebut,jangan sampai sia-sia,” tutupnya.

 

 

Pewarta : Darto

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *