Himbauan hadapi New Normal, Kadiskes Lampung Timur : Covid-19 penyakit serius dan harus diwaspadai 

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Situasi pandemi Covid -19 saat ini yang melanda hampir seluruh dunia telah melemahkan nyaris semua sendi kehidupan, termasuk sisi kesehatan dan ekonomi. Adanya gerakan new normal membuat semua tatanan kehidupan berubah.Meski harus tergagap-gagap, mau tidak mau harus siap menghadapi perubahan disrupsi yang kini telah menjadi budaya baru.

Hal ini disampaikan dr. Nanang Salman Saleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur, bahwa tingginya tingkat penularan Covid-19 akibat mobilitas masyarakat semakin bebas. Sehingga pentingnya menjaga hidup pola bersih dan imun tubuh.

“Kami menghimbau kepada masyarakat di Lampung Timur harus lebih waspada dengan penularan virus Corona. Saat adaptasi baru ini orang akan jauh lebih bebas, sehingga resiko kumpul bersama orang lain itu lebih banyak. Bahkan yang lebih dikhawatirkan orang yang datang dari luar daerah. Terakhir, satu-satunya cara untuk mengendalikan dan mencegah ini, menerapkan sepenuhnya pola hidup sehat agar imun tubuh kita kuat,” ucap dr. Nanang kepada Mitrapol, Rabu (9/9/20).

Selain itu, dr Nanang juga meminta agar masyarakat untuk tidak panik. Kegiatan yang biasa dilakukan di luar, seperti bekerja, belajar dan beribadah bisa dilaksanakan di dalam rumah.

“Saat ini yang penting social distance, menjaga jarak. Dengan kondisi itu, kita kerja dari rumah, belajar dan ibadah di rumah.Perlu diingat adalah untuk saat ini sementara waktu ini jangan berpergian keluar daerah.Karena banyak yang keluar daerah kasus yang positif,” jelasnya.

Himbauan masyarakat hadapai new normal, dr Nanang Salman Saleh selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat Lampung Timur,bahwa Covid -19 adalah penyakit yang serius dan harus diwaspadai.

“Covid -19 adalah penyakit yang serius dan harus diwaspadai karena kasusnya semakin banyak dan korban meninggal terus bertambah.Walaupun pasien yang tertular semakin banyak.Tetapi jangan ditakuti juga,karena kalau imun tubuhnya baik,Insya Allah kalau tidak punya comovid/riwayat penyakit lain pasti akan cepat sembuh,intinya seperti itu,” himbaunya.

Saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur sedang mengaktifkan program unggulan Kemenkes RI yaitu program orientasi penguatan Posyandu dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, program tersebut diintegrasikan dengan program PIS – PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga). Diharapkan dengan berjalannya program tersebut, berawal dari keluarga yang sehat, maka timbulnya kesehatan yang berdampak luas bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Lampung Timur.

 

 

Pewarta : MM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *