Danbrigif 20/IJK Kostrad Timika dikukuhkan sebagai anak adat Kapawe dan Imamukawe Kaugapu Mapuru Jaya

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Komandan Brigade lnfanteri (Danbrigif) 20 lJK/3 Kostrad Timika, Papua, Letnan Kolonel Inf. Edy Widyanto, S.Sos dikukuhkan sebagai anak adat Kapawe dan Imamukawe Kaugapu Mapuru Jaya, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Dalam pengukuhannya, Letkol Edy diberi marga Yawa oleh pemangku adat di wilayah dataran Kabupaten Mimika tersebut.

Upacara adat berlangsung di Dusun Puruwau, Kampung Kaugapu, Timika, pada Sabtu, (12/9/20) ditandai dengan penyematan kalung dan topi cenderawasih adat khas papua oleh masyarakat Suku Kamoro dari Kapawe dan Imamukawe.

Dalam kesempatan itu, para tokoh adat setempat mengumumkan nama Edy Widyanto diubah menjadi Edy Widyanto Yawa. Dan nama secara adat yakni Makum Pinawao Yawa, sementara untuk istri dari Letkol Edy diberi nama Temarpa Yawa.

Ketua Lembaga Adat, Elias Yawa mengatakan, pengukuhan Letkol Edy bermarga Yawa diharapkan dapat berjalan beriringan antara TNI dan Masyarakat setempat dalam memajukan Kabupaten Mimika yang lebih maju dan damai.

“Kami keluarga besar suku Kapawe Imamukawe mengangkat Danbrigif sebagai anak adat sebagai bentuk penghargaan, dan diharapkan bisa membantu dan mendukung masyarakat Suku Kapawe dan Imamukawe.
setelah diangkat jadi anak adat, dimanapun berada harus ingat pulang dan rumah bapak ada di Kaugapu,” kata Elias Yawa selaku Ketua Lembaga Adat.

Ditempat yang sama, Kepala Kampung Kaugapu yang juga tokoh adat Kapawe dan Imamukawe, Xaverius Kapiratu menyatakan, dengan dikukuhkannya Letkol Edy sebagai anak adat, dirinya berharap Danbrigif dapat memperhatikan dan membangun Daerah Kaugapu.

“Diharapkan anak yang diangkat dari tanah ini, bisa membantu dan mendukung masyarakat untuk memajukan Kaugapu dan Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Sementara, Letkol Edy dalam kesempatan itu mengucapkan syukur dan terimakasi atas dirinya dikukuhkan sebagai anak adat Kapawe dan Imamukawe Kaugapu Mapuru Jaya.

“Sebagai anak, saya mengucapkan terimakasih kepada kepala Suku Kapawe, Bapak Bernardus Yawa sebagaimana saya diangkat menjadi bagian dari keluarga besar Kapawe Kaugapu Mapuru Jaya,” kata Letkol Edy.

Besar harapan saya lanjutnya, dapat berinteraksi, bergaul dan saling menjaga antara anak dan keluarga yang berarti Prajurit Brigif 20 lJK/3 Kostrad bersama Masyarakat khusunya Suku Kapawe, Kaugapu Mapuru Jaya.

“Sebagai anak, saya siap ikut menjaga keluarga besar Kaugapu, Suku Kapawe sebaik mungkin dan semaksimal mungkin,” pungkasnya.

Pengukuhan dihadiri kepala suku Kapawe, Bernardus Yawa, Kepala Suku Imamu Kawe, Aloysius Forotawa, Ketua Lembaga Adat, Elias Yawa, Kepala Kampung Kaugapu, Xaverius Kapiratu, Penasehat Adat, Pius Tayaro, serta unsur pimpinan TNI-Polri dan Perwakilan Pemkab Mimika.

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *