Kodim 1501/Ternate selenggarakan HUT ke 61 PEPABRI

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Ternate – Hari Ulang Tahun Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PEPABRI) ke-61 tahun 2020 kali ini dijadikan sebagai ajang temu kangen Pensiunan antar Purnawirawan TNI-Polri se-Kota Ternate, Sabtu (12/9/2020).

Perayaan PEPABRI yang digelar di Gedung serbaguna Kodim1501/Ternate tersebut, dirayakan secara sederhana.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pepabri Profinsi Maluku Utara, Kapten (Purn) Adam Rahman, Kepala Kantor ASABRI Maluku Utara, Irawan, Ketua Warakawuri Provinsi Maluku Utara, Radiah Jumai, Para Perwira Staf, Pwk Anggota Bintara, Tamtama Kodim 1501/Ternate, dan Anggota Pepabri.

Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Moch R Iskandarmanto, SE menyampaikan, kegiatan ini sengaja mengambil tema “Perkokoh Persatuan Dilandasi Jiwa dan Semangat Saptamarga dan Tribrata”

Dandim berharap, memasuki usia yang ke 61 ini, PEPABRI mampu menunjukan peran dan eksistensinya, serta menjadi suri tauladan bagi para generasi muda dalam mengisi alam pembangunan melalui berbagai aktifitas positif.

Kata Dandim, Sejarah lahirnya PEPABRI yaitu karena keprihatinan kondisi umum para pejuang kemerdekaan yang sangat memprihatinkan. Pada tanggal 12 september 1953 sekelompok pensiunan ABRI bertempat di Solo berdirilah organisasi Persatuan Pensiunan Angkatan Perang Republik Indonesia yang disingkat (PPAPRI).

Kemudian pada tanggal 12 April 1957 para pensiunan ABRI di Jakarta membentuk organisasi Persatuan Pensiunan Angkatan Perang Republik Indonesia yang disingkat (PERPAPRI).

“Karena didorong oleh semangat juang yang tidak mengenal lelah dari para pensiunan, maka pada tanggal 12 September 1959 PERPAPRI menyelenggarakan Kongres nasional di Kaliurang Yogyakarta kongres ini berhasil mempersatukan seluruh organisasi pensiunan dalam satu wadah organisasi yaitu PERPAPRI,” ucap Dandim.

Kami selaku generasi penerus, selaku Junior, Hanya bisa berpesan kepada para pensiunan yang ada di hadapan kami bahwa seorang prajurit tua tidak akan pernah mati. Namun hanya mengisi untuk memberi kesempatan pada generasi berikutnya sebagai Insan berwatak pejuang jajaran PEPABRI di setiap tingkat organisasi harus peduli dengan permasalahan yang dihadapi di daerahnya masing-masing.

Pepabri menyakini bahwa soliditas keluarga besar purnawirawan dan warakawuri TNI – Polri beserta Veteran merupakan kekuatan yang ampuh dalam menghadapi setiap permasalahan bangsa.

“Ditambahkan Dandim, peran para Purnawirawan sebagai orangtua dalam mendampingi kaum muda sangat diharapkan karena ada begitu banyak tantangan yang dihadapi generasi sekarang ini terutama kaitannya dengan kerukunan bangsa dan ideologi negara,” tutupnya.

 

 

Tim

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *