Selain bertani, warga Desa Rama Puja Raman Utara Lampung Timur adalah peternak

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Selain bertani, usaha sampingan dari masyarakat Rama Puja Raman Utara Lampung Timur meliputi kegiatan peternakan dan pemanfaatan pekarangan rumah. Peternakan yang terdapat di Desa Rama Puja Raman Utara yaitu meliputi peternakan Sapi, Kambing, Ayam, dan Bebek. Seperti halnya peternakan Sapi dikelola secara pribadi dengan penggemukan dan pengembangan indukan. Selain itu, peternakan Kambing dengan pengelolaan sistem yang sama.

Melihat masyarakat Rama Puja Raman Utara yang mayoritasnya adalah bertani, namun hampir di setiap rumah memiliki ternak Ayam Kampung, Bebek dan Itik. Sehingga ini juga yang menjadi salah satu pendapatan atau sumber peningkatan ekonomi keluarga.

Kepala Desa Rama Puja, Wayan Dastre  mengatakan, banyak potensi desa yang bisa dikembangkan di wilayahnya selain bertani.

“Disamping masyarakat kami bertani, juga melakukan budidaya Ikan Lele, Gurameh dan Nila, baik secara kelompok maupun pribadi/ individu. Dikarenakan banyaknya permintaan dari luar akan Ayam Kampung dan Bebek. Oleh karena masyarakat Rama Puja banyak yang ikut berternak. Inovasi lain masyarakat dengan pemanfaatan lahan pekarangan rumah menanami sayur mayur. Hal ini menjadikan Desa Rama Puja dapat berswasembada sendiri, apalagi wilayah kami ini berbatasan langsung dengan kabupaten Lampung Tengah, jadi harus lebih baik,” ungkap Wayan, Minggu ( 13/9/20).

Ia juga mengharapkan, kedepannya ada bimbingan atau pelatihan bagi warga dalam hal inovasi lain. Selain itu, perbaikan infrastruktur jalan sebagai akses peningkatan ekonomi.

“Tentunya yang kami harapkan saat ini adalah tambahan ilmu atau bimbingan bagi warga kami, agar potensi yang ada di desa Rama Puja ini tetap langgeng. Masyarakat bisa menikmati manfaat dan hasilnya.Sehingga walaupun mereka pokoknya menjadi petani ,ada tambahan lain untuk peningkatan ekonomi keluarga masing-masing,” tutup Wayan.

 

 

Pewarta : MM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *