Polresta Cirebon Polda Jabar laksanakan Tes Swab Mandiri untuk personelnya

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Cirebon Jabar – Polresta Cirebon Polda Jabar melaksanakan tes swab sendiri bagi personelnya. Tes swab yang dilaksanakan petugas Urkes Polresta Cirebon itu dilaksanakan bagi personel Polsek jajaran dan keluarganya.

Kapolresta Cirebon Polda Jabar Kombes Pol M. Syahduddi, S.IK.,M.Si, mengatakan, swab test tersebut dilaksanakan sebagai langkah preventif jajarannya dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Menurutnya, tes swab tersebut dilaksanakan sejak Senin (14/9/2020).

“Ini langkah antisipasi karena sebagai pelayan masyarakat personel Polresta Cirebon cukup berisiko, dan sering berinteraksi dengan orang banyak. Sehingga harus dipastikan demi keamanan dan kenyamanan masyarakat juga,” kata Kombes Pol M. Syahduddi, S.IK.,M.Si, saat ditemui usai meninjau pelaksanaan tes swab di Urkes Polresta Cirebon, Selasa (15/9/2020).

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon untuk melatih petugas Urkes Polresta Cirebon melakukan tes swab. Bahkan, reagen yang digunakan untuk tes swab itupun didapat dari Dinkes Kabupaten Cirebon.

Ia menyebut Polresta Cirebon menjadi yang pertama melaksanakan tes swab mandiri. Pasalnya, rata-rata tes swab terhadap anggota Polri dilakukan oleh petugas Dinkes setempat.

Namun, Syahduddi mengakui sampel spesimen tenggorokan personel Polresta Cirebon yang diambil dari tes swab itu dikirimkan ke Dinkes Kabupaten Cirebon untuk dilakukan uji laboraturium. Petugas Urkes Polresta Cirebon hanya melakukan proses pengambilan sampel tersebut.

“Pemeriksaan laboratoriumnya tetap dilakukan Dinkes. Data personel yang mengikuti tes swab juga diserahkan ke Dinkes. Semoga hasil tes swabnya negatif semua,” ujar Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si.

Sementara itu, Paurkes Polresta Cirebon, Ipda H. Ilyas, mengatakan, saat ini sudah 100-an personel Polresta Cirebon yang mengikut tes swab. Ia menyampaikan, tes swab itu dimulai dari personel yang bertugas di bidang pelayanan masyarakat.

“Misalnya, petugas SIM, STNK, BPKB, Samsat, SKCK, Sidik Jari, SPKT, Humas, dan lainnya. Kemudian nanti dilanjutkan terhadap personel satuan fungsi lainnya dan Polsek jajaran Polresta Cirebon,” kata Ipda H. Ilyas.

 

 

Pewarta : Hamdani/Darto/Hms

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *