Dit Res Narkoba Polda Papua musnahkan Narkotika hasil sitaan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jayapura – Dit Resnarkoba Polda Papua memusnahkan barang bukti narkotika jenis Ganja Kering seberat 7.166, 36gram dan Sabu seberat 141,14gram bertempat di Mapolda Papua pada Selasa (15/9).

Pemusnahan barang bukti dipimpin Dir Resnarkoba Polda Papua Kombes Pol. Totok Triwibowo didampingi Kepala BNN Provinsi Papua, Brigjen Jackson Lapalonga dan perwakilan Kejaksaan Negeri Jayapura, Alfa Fauzan serta Kabid Puslabfor Polda Papua AKBP Maruli Simanjuntak.

Kepala BNN Provinsi Papua, Brigjen Jackson Lapalonga mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil sitaan Polda Papua selama pandemic Covid-19 di wilayah Papua.

“Total perhitungan kami dengan pihak Polda Papua per bulan memang cukup besar perputaranya. Analisis kami mencatat bisa melebihi 3-4 kilo gram perbulan selama Covid-19,” kata Brigjen Jackson seperti rilis Humas Polda Papua ynag diterima MITRAPOL pada Rabu, (16/9).

Ditambahkan, khusus ganja yg di tangkap kurang lebih 7 kg berhasil dalam waktu 3 bulan terhitung sejak maret 2020.

“Ini hasil sitaan Polda maupun Polres. Dan ini membuktikan bahwa peredaran (narkotika-red) cukup meningkat sepanjang pandemi Covid-19,” bebernya.

Ditempat yang sama, Dir Narkoba Polda Papua Kombes Pol. Totok Triwibowo menambahkan, barang haram tersebut diamankan di sejumlah wilayah diantaranya, Kabupaten Mimika, Jayapura serta beberapa daerah lainya bahkan ada juga yang berasal dari luar Papua.

“Sedangkan untuk titik rawan masuknya ganja di Papua berasal dari negara PNG. Secara umum Kabupaten Keerom, dan untuk peredaran Sabu dari jasa pengiriman barang berasal dari Sumatra dan Jatim,” terang Kombes Triwibowo

Untuk itu pihaknya selalu berkordinasi dengan pihak BNN guna menekan angka peredaran narkotika di pasar gelap agar peredaran Narkoba tidak berkembang cepat seperti di daerah lain.

Jalanya rilis, sebanyak 16 tersangka dihadirkan, satu diantaranya warga negara PNG.

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *