Secara bertahap, Proses pembelajaran tatap muka di Nunukan akan dimulai dalam waktu dekat

  • Whatsapp
H. Junaidi SH, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan H. Junaidi SH, didampingi Kabid Pendidikan Dasar dan Menegah Kabupaten Nunukan Provensi Kalimantan Utara Widodo menegaskan pembelajaran Tata Muka akan segera dimulai secara bertahap.

Menurut Widodo, berdasarkan surat SKB dari Tiga Menteri dinyatakan wilayah bahwa zona Kuning dan Hijau diperbolehkan membuka pembelajaran tatap muka, namun kesehatan dan keselamatan para Murid dan Tenaga Pendidik dimasa pendemi ini menjadi perhatian serius dari Dinas Pendidikan Nunukan, ujarnya Kamis (17/09/2020).

Lanjut Widodo, dengan pertimbangan agar tidak terjadi lose generation, untuk Kabupaten Nunukan yang masuk zona kuning diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka, tapi tidak diwajibkankan.

Untuk bisa melaksanakan proses pembelajaran tatap muka, Dinas Pendidikan Nunukan akan berkordinasi dengan Dinas kesehatan untuk melakukan verifikasi faktual ke sekolah-sekolah.

Kita harus memastikan apakah benar sekolah-sekolah yang mengajukan itu sarana dan prasarananya memenuhi syarat agar bisa melakukan proses pembelajaran tatap muka atau tidak.

Setelah dilakukan verifikasi faktual, Dinas Kesehatan akan menerbitkan surat rekomendasi kalau sekolah itu layak atau tidak, kalau tidak layak, Dinas Pendidikan akan berkoordinasi dengan sekolah untuk memperbaiki kekurangannya, setelah itu akan dievaluasi ulang atau dikaji dari sisi regulasi dan aspek sosial kemasyarakatan serta dari sisi kesehatannya untuk dilakukan penilaian kembali.

Widodo, Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menegah Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara

Setelah dikeluarkan oleh tim gugus tugas berarti ada 2 rekomendasi, berdasarkan itulah kemudian Dinas Pendidikan menetapkan sebagai Surat Keputusan (SK).

Sebagai informasi, untuk tahap pertama telah disetujui dan ditetapkan 3 sekolah di Kabupaten Nunukan yang diperbolehkan membuka pembelajaran tatap muka, yaitu, SMP Negeri 1 Lumbis, SMP Negeri 1 Krayan dan SMP Negeri 4 Krayan.

Jadi baru ada 3 sekolah untuk tahap pertama, kita menunggu sekolah-sekolah lain yang sedang di verifikasi faktual oleh teman-teman dari Dinas Pendidikan dan Kesehatan untuk memastikan dan menilai sekolah ini layak atau tidak.

Untuk tingkat SD dan SMP, berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) bisa dibuka bersamaan di Bulan ini, akan tetapi kembali lagi bisa dan tidaknya itu tergantung dari kesiapan sekolah.

Kemungkin ada SD dan SMP yang bisa dibuka tetapi dari informasi awal memang masih dalam pengkajian tim gugus Kabupaten, kemungkinan besar di wilayah 2 atau wilayah 3 yang akan disetujui kalau wilayah 1 atau untuk Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan potensi penyebaran covid ini masih cukup tinggi prevalensi terjadinya interaksi orang keluar masuk Pulau.

Untuk wilayah 2 Pulau Sebatik yang terdiri Lima Kecamatan bisa dibuka, kita tinggal melihat minggu depan ini sekolah yang siap yang mana tergantung sekolah, sementara untuk wilayah Kota Nunukan dan Kecamatan Nunukan Selatan masih menunggu hasil evaluasi lebih dalam lagi, pungkas Widodo Kabid Pendidikan Dasar dan Menegah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

 

 

Pewarta : Yuspal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *