Bahas persiapan lintasan angkutan penyebrangan Baru, Dishub Babel gelar rakor

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pangkalpinang – Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Gelar Rakor membahas persiapan lintasan angkutan penyeberangan baru rute Bangka Beitung – Pangkalpinang, Senin (21/09/20).

Rapat Koordinasi ini dalam rangka membahas kesiapan lintasan penyeberangan perintis, dan ini akan menjadi usulan Provinsi Bangka Belitung dalam rapat pembahasan penyeberangan perintis yang dijadwalkan di Bali pada tanggal 23-25 September 2020.

Rapat koordinasi itu dihadiri oleh kepala Dinas Perhubungan Pemkab Belitung, Ubaidi, GM ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bangka, Rudi H , Kadis Perhubungan Bangka Selatan yang diwakili Kabid Perhubungan Laut Bangka Selatan Budi, dan Perwakilan BPTD Wilayah VII Sumsel Babel, Wiratno.

 

Kadishub Babel A.K Tajuddin SH MH saat pimpin rapat koordinasi persiapan lintasan angkutan penyeberangan baru rute Bangka – Belitung yang diselenggarakan di Ruang Rapat Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Tajuddin mengatakan, melalui rapat koordinasi ini, masing masing pihak dapat menyampaikan usulan dan masukkannya dalam penyempurnaan rapat pembahasan penyeberangan perintis yang akan diselengarakan di Bali beberapa hari ke depan.

Selain itu, ungkap Tajuddin, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengusulkan 2 (dua) jalur lintasan penyeberangan perintis yang akan menghubungkan Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta penyeberangan Bakit – Belinyu.

“Lintasan baru yang kita usulkan yang sesuai dengan arahan Gubernur adalah pertama menghubungkan Pulau Bangka dengan Pulau Belitung, yang kedua mengajukan usulan penyeberangan Bakit dengan Belinyu,” ujar Tajuddin.

Ditambahkannya, dengan adanya rapat koordinasi ini tidak tertutup kemungkinan apabila ada usulan dari masing masing pihak untuk dibahas lebih lanjut.

“Apabila nanti ada usulan baru dari masing masing pihak akan kita bawa ke sana atau kalau ada nanti kita sampaikan rekomendasi baru pada rapat di Bali,” tukas Tajuddin

“Lintasan Bangka Belitung ini, bisa transit di beberapa pulau dari Sadai diharapkan dapat sandar di Pulau Lepar yaitu di Tanjung Gading, kemudian dari Tanjung Gading ke Pulau Pongok di Sebatik, lalu dari Pongok ke Belitung di Tanjung Nyatoh, dari Tanjung Nyatoh ke Tanjung Ru,” jelas Tajuddin.

Lanjut Tajuddin, lintasan Bakit–Belinyu secara dokumen perencanannya sudah melalui proses FS (Feasibility Study) dan diharapkan dapat diwujudkan dalam waktu dekat ini.

Tambah Tajuddin, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung apabila memungkinkan akan menyediakan APBD tahun 2021 yang dapat digunakan dalam memfasilitasi percepatan konektivitas yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta sesuai dengan visi dan misi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung 2017-2020.

Sementara itu Kadishub Belitung Ubaidi mendukung adanya usulan persiapan lintasan penyeberangan perintis yang telah dibahas pada hari ini sehingga dengan adanya lintasan penyeberangan akan memberikan dampak terhadap pembangunan pariwisata di wilayah yang dilalui,Ubaidi berharap agar rencana lintasan penyeberangan perintis itu agar segera terwujud dalam waktu dekat ini.

Hal senada diungkapkan, Kadis Perhubungan Bangka Selatan yang diwakili Kabid Perhubungan Laut Bangka Selatan Budi mengatakan bahwa dengan adanya usulan persiapan lintasan penyeberangan perintis di Kabupaten Selatan menjadi hal yang sangat ditunggu dan dapat terealisasi dalam waktu dekat yang akan meningkatkan konektivitas antar pulau di Bangka dan Belitung.

 

 

Pewarta : TT

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *