Kadishub Babel pimpin rapat Vicom pengembangan Pelabuhan Pangkal Balam Pangka – Pinang

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pangkalpinang – Kepala Dinas Perhubungan Babel, K A Tajuddin SH.,MH, memimpin Rapat Pengembangan Pelabuhan Pangkal Balam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diselengarakan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting di Ruang ATCS Dinas Perhubungan Babel. Selasa (22/9/20).

Dalam pertemuan daring tersebut diikuti oleh Direktur Kepelabuhanan Kementerian Perhubungan , Kepala Subdirektorat Pelayanan Jasa dan Usaha Pelabuhan Direktorat Kepelabuhan, GM Pelabuhan Pangkalbalam, Kabid Perhubungan Laut Babel, dan pihak terkait lainnya.

Kadis Perhubungan Babel, Tajuddin mengatakan pemerintah Kota Pangkalpinang dan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung satu kesatuan dan akan melakukan sinergitas yang lebih baik dalam memberikan kontribusi konkrit dalam proses pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam.

Ditambahkannya, dengan skema unsolicited yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat sehingga Pemprov Babel akan melakukan Memorandum of Understanding antara Pemerintah Daerah dengan Pemrakarsa

“Nanti kalau skema unsolicited akan diterapkan di PangkalBalam maka ada di buat MoU antara Stakeholder yaitu Pemrakarsa dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pemkot Pangkalpinang,” ujar Tajuddin.

Ditegaskannya, melalui rapat koordinasi ini, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dapat mengambil langkah yang tepat dalam proses pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam yang akan dilakukan ke depan sehingga pengembangan pelabuhan dapat terwujud dengan baik, lanjutnya

Tajuddin juga mengharapkan dengan adanya arahan dari Kementerian Perhubungan tersebut, menjadi bahan yang akan disampaikan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Komisi V DPR Republik Indonesia.

Sementara itu Direktur Kepelabuhanan Kementerian Perhubungan Subagiyo mengungkapkan, sesuai arahan Menteri Perhubungan untuk pembangunan pelabuhan Pangkal Balam dan Pelabuhan Garongkong yang terletak di Sulawesi Selatan, dimana 2 (dua) pelabuhan yang rencananya melalui Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) dengan sistem unsolicited dan dipercayakan pembangunannya kepada PT. Pelabuhan Indonesia IV atau Pelindo IV.

“Sesuai dengan arahan Menteri kemarin KPBU Garongkong dan Pangkalbalam akan dilakukan mekanisme secara unsolicited yang ditunjuk Pak Menteri adalan Pelindo IV,” ungkap Subagiyo

Pada kesempatan yang sama GM Pelindo II Pangkalbalam Noval memberikan apresiasi kepada pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka belitung yang telah memberikan kontribusinya dalam proses pengembangan pelabuhan Pangkalbalam.

“Saya sangat apresiasi dari Pemprov Babel dan gembira dimana Provinsi babel akan memberikan kontribusi konkrit dalam pengembangan pelabuhan ini, dan kami juga mendukung dan menunggu pra FS dari Pemkot Pangkalpinang dan dari Pelindo IV, dan proses pengembangan kedua buah pelabuhan ini,” ucap Noval.

 

 

Pewarta : TT

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *