Selamat Ang divonis dua tahun penjara, terkait penipuan Rp 400 juta

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan – Terbukti melakukan penipuan, Selamat Ang (39) warga Jalan HM. Yatim No. 18 Lingkungan IV Kelurahan Karya Kec.Tanjung Balai, Tanjung Balai, Sumatera Utara, divonis 2 tahun penjara, karena melanggar pasal 378 KUHP.

Hakim Ketua Dahlia Panjaitan yang bersidang seca virtual di ruang Cakra-7 Pengadilan Negeri ( PN ) Medan, Senin (21/9/2020), menyebutkan, terdakwa terbukti melakukan kebohongan yang merugikan saksi korban, pengusah TA sebesar Rp 400 juta.

“Perbuatan terdakwa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri, dengan segala tipu daya telah merugikan saksi korban” sebut hakim ketua.

Putusan majelis hakim lebih rendah dibanding tuntutan JPU Buha RC  Saragi dari Kejari Medan, yang menuntut terdakwa 2 tahun 6 bulan penjara.

Menanggapi putusan majelis hakim, JPU Buha RC Saragi menyatakan pikir-pikir. Zulham Rani, penasihat hukum  terdakwa juga menyatakan pikir-pikir.

Perlu diketahui, peristiwa Juli 2018 terdakwa datang ke kantor pengusaha TA di Kelurahan Pusat Pasar Kec. Medan Kota, Medan.

Kedatangan terdakwa untuk meminjam uang Rp 400 juta, dengan alasan, kapal miliknya tenggelam. Terdakwa berjanji akan melunasi utangnya dalam jangka waktu satu tahun.

Kemudian uang ditransfer oleh orang suruhan saksi korban ke rekening terdakwa, satu kali sebesar Rp 200 juta dan Rp 100 juta sebanyak dua kali.

Kacaunya,  uang dari saksi korban tidak digunakan untuk beli kapal, tapi digunakan untuk kepentingan pribadi terdakwa. Bahkan uang Rp 400 juta itu, tidak pernah dikembalikan  kepada Korban.

Tak bersedia mengembalikan uang,  terdakwa dua kali menerima somasi  dari kuasa hukum korban dari Kantor Hukum.Jasatama. Advocate Lawyer Legal Consultant.

Ujungnya, kuasa hukum korban melaporkan terdakwa ke Polrestabes Medan, dengan sangkaan penipuan dan penggelapan.

 

 

Pewarta : ZH

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *