Desa Mawokauw Jaya Mimika salurkan BLT-DD tahap ke – Dua

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Pemerintah Kampung/Desa Mawokau Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) utuk tahap ke-2 kepada warga penerima manfaat.

Pembagian BLT-DD berlangsung di Kantor Desa Mawokauw Jaya, pada Kamis (24/9/20) pagi turut dihadiri Kepala Distrik Wania, Richard N. Wakum.

Edyson Rafra selaku Kepala Kampung/Desa (Kades) Mawokauw Jaya dalam keterangannya menyebutkan, BLT tahap ke-dua dibagikan kepada 146 KK di Wilayahnya.

“Hari ini kita salurkan BLT-DD tahap ke-2 untuk 2 bulan yakni bulan Juli dan Agustus 2020 senilai Rp.87.600.000,- kita bagikan kepada 146 kepala keluarga. Dengan rincian per orang menerima Rp. 300ribu per bulan,” kata Edison Rafra.

Penyerahan BLT-DD tahap ke-dua secara simbolis

Dirinya menjelaskan, pembagian BLT disesuaikan dengan pencairan yang dilakukan 2 tahap diantaranya,

Untuk pencairan tahap pertama sebesar 40% yang mana dikonfersi menjadi 15% bulan April, 15% bulan Mei dan 10% bulan Juni 2020.

Kemudian pencairan tahap ke-dua juga sebesar 40% dibagi menjadi 15% bulan Juli dan 15% bulan Agustus dan 10% untuk bulan September 2020.

Ditempat yang sama, Kepala Distrik Wania, Richard N Wakum dalam sambutanya mengajak Warga Mawokauw Jaya agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Distrik Wania.

“Kita di Distrik Wania dari zona kuning sekarang sudah zona merah pandemi Covid-19, sehingga saya mengajak mari kita berupaya untuk menghentikan wabah Corona ini. Caranya adalah selalu memakai masker, menjaga jarak fisik dan mencuci tangan,” terangnya.

Untuk diketahui, Berdasarkan penjelasan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 dijelaskan bahwa:

Jangka waktu dan besaran pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) adalah sebagai berikut:

Masa penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) selama 6 bulan terhitung sejak April 2020.

Sedangkan untuk besaran BLT Dana Desa per bulan sebesar Rp.600ribu per keluarga untuk 3 bulan pertama yakni April, Mei, dan Juni 2020.

Sedangkan besaran BLT Dana Desa per bulan Juli, Agustus, dan September sebesar Rp.300ribu per Kepala Keluarga.

Untuk BLT Dana Desa sebagaimana dimaksud pada poin 3 (tiga), dapat disalurkan sepanjang Dana Desa Tahun Anggaran 2020 masih tersedia

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa sebagaimana diatur dalam poin 3 (tiga) mengikuti data KPM sebelumnya kecuali diubah melalui Musyawarah Desa Khusus.

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *