Kasat Reskrim Mimika : 8 orang yang diamankan terkait rencana Aksi Demo sudah dipulangkan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Kasat Reskrim Polres Mimika, Papua, AKP Hermanto mengatakan, pihaknya telah memulangkan delapan orang yang sempat diamankan terkait rencana Aksi Unjukrasa penolakan Otonomi Khusus (Otsus) Papua Jilid 2 pada Rabu, (23/9) kemarin.

“Dari hasil interogasi terhadap 8 orang yang diamankan, 5 diantaranya mengakui ingin melakukan aksi unjukrasa menolak Otsus Jilid 2. Disitu ada Korlap, Wakil Korlap dan 3 orang anggota. Sedangkan 3 orang lainya tidak mengenal dan tidak ada hubungan dengan rencana aksi tersebut,” kata AKP. Hermanto saat jumpa pers di ruang Kerjanya, Kamis, (24/9/20).

Kelima orang yang berencana melakukan aksi demo diantaranya, Ardi Murib (25) selaku Koordinator lapangan, Peuyokayeymo (28) Wakil Korlap, dan tiga anggota yakni Melfin Yogi (33), Penehan Wanimpa (24), dan Dolince Yowauw (28).

“Kemudian kami juga menemukan selebaran dengan judul penolakan Otsus Jilid 2. Disitu tertera tandatangan korlap dan wakil korlap,” ujarnya.

Kasat Reskrim menambahkan, meskipun tidak diberi ijin untuk aksi demo digelar, kelima orang itu tetap berusaha mengumpulkan massa untuk bergerak.

“Pada saat aparat melakukan patroli dilokasi, sempat ada oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab melakukan perlawanan dan melempar anggota dengan batu di jalan perintis. Namun setelah melempar mereka lari,” terang Hermanto.

Kasat Reskrim menegaskan ditengah pandemi Covid-19 saat ini pihaknya belum bisa memberikan ijin untuk mengumpulkan banyak orang berkerumunan.

“Memang mereka ada memasukan surat pemberitahuan, tapi kita tidak ijinkan karena saat ini sedang maraknya pandemi Covid-19. Tidak boleh ada berkerumunan banyak orang,” pungkasnya.

Usai dimintai keterangan, kedelapan orang tersebut kemudian dipulangkan ke rumahnya masing-masing.

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *