Wawancara eksklusif dengan Manager Operasional Pelindo IV Cabang Nunukan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) telah merampungkan pembangun terminal penumpang baru di Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Pembangunan terminal ini merupakan pengembangan dari Pelabuhan yang sudah ada sebelumnya. sekaligus sebagai solusi atas terjadinya tumpukan penumpamg domestik dan juga penumpang yang ingin bepergian ke Negara tetangga yakni Tawau Malaysia.

Karena desakan serta kondisi wilayah, walaupun dalam situasi pandemi Covid-19, saat ini PT. Pelindo IV Cabang Nunukan telah mengoprasikan Pelabuhan Tunon Taka walaupun belum diresmikan.

Berikut wawancara wartawan Mitrapol dengan Manager Operasionnal Pelindo IV Nunukan, Damsi

Jurnalis : Bagaimana perencanaan Pelindo IV Cabang Nunukan membangun fasilitas yang cukup bagus apalagi ditambah bangunan lapangan Parkir

Damsi : dengan adanya pembangunan area parkir dan taman di Pelabuhan Baru ini kita akan melakukan peningkatan lagi supaya kita harus lebih baik dari negara tetangga.

Apalagi kita sebagai beranda sekaligus pintu Gerbang keluar masuknya warga dari negara dua negara Indonesia dan Malaysia makanya kita harus lebih mempercantik dan memperindah wilayahpelabuhan Internasional Tunon Taka Nunukan.

Pelabuhan Tunanon Taka Nunukan merupakan yang terbaik se-Kalimantan dan Mudah-mudahan pelayanan kita kepada Masyarakat juga lebih baik.

Manager Operasionnal Pelindo IV Nunukan, Damsi

Jurnalis : Apa motivasi Pelindo membangun Pelabuhan ini sedemikian cantik mulai dari Dermaganya, Terminal Penumpanganya yang refrensif serta serta lapangan Parkir yang begitu bagus dan Indah ?

Damsi: Memang konsepnya seperti itu untuk pembangunan dipercantik di wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia atau disebut antara Tawau dan Nunukan itu konsep kita supaya masyarakat bisa nyaman dengan fasilitas yang telah kita siapkan.

 

Jurnalis : Kapan rencana peresmian Pelabuhan ini ?

Damsin : Kalau sebelum-sebelumnya untuk peresmian itu sudah diresmikan di daerah Papua sekaligus berapa pelabuhan di sana dijadikan satu untuk pengoperasiannya

Kita sudah beroperasi mulai tanggal 1 September 2020 mohon dukungan Pemerintah kabupaten/ pemerintah provinsi dan semua pihak agar senua program Pelindo IV Cabang Nunukan dapat berjalan dengan baik.

 

Jurnalis : Berapa luas Lapangan Parkiran dan Taman ?

Damsi : Perluasan Parkiran itu kurang lebih 12.000 meter persegi kurasa itu uda cukup luas sesuai dengan perencanaan Pusat Pelindo kita juga masih memiliki luas lahan.

Kita juga perlu pahami membangun itu sesuai perencanaan dan kebutuhan serta Pelayanan kita kepada penguna jasa pelabuhan.

Sementara kalau perkirakan dari asumsi kita itu mungkin dari 100-200 an kendaraan penumpang yang bisa ditampung, Sementara kalau kendaraan khusus pengangkut barang lapangan parkirnya tersendiri, berdekaran dengan lapangan kontainer.

Saya selaku kepala Maneger Operasi Pelindo IV Cabang Nunukan berharap Semoga Pelabuhan Tunon Taka kita ini lebih nyaman untuk masyarakat yang melaksanakan bepergian ke daerah-daerah yang sudah ditentukan.

 

Jurnalis : Mengenai Peresmian apakah secara serentak Terminal penumpang dengan lapangan parkir.?

Damsi : Kalau kita untuk Terminal dan Lapangan parkir sudah dilaksanakan kemarin bersamaan, berhubung kita buru-buru memakai Terminal yang baru, maka September kemarin Terminal sudah kita uji coba untuk penumpang.

Kalau untuk peresmiannya kita menunggu petunjuk dari kantor pusat, karena kalau memang petunjuk itu belum kita penuhi atau belum siap di dalam fasilitasnya kita belum bisa pergunakan walaupun setahun fasilitas didalam belum ada petunjuk dari pusat untuk siapkan.

Kita tidak boleh pergunakan, harus dipersiapkan dulu fasilitas di dalamnya terutama , Extray Bea Cukai, Imigration, Karantina, Ruang Musholla ada Dua Pria dan Wanita begitu Juga WC ada dua Atas Bawah dan Semuanya itu Full AC Pasilitas ini sudah kita siapkan.Ujar Damsi Jabatan Maneger Operasional Cabang Pelindo IV Nunukan Kalimantan utara.

 

 

Pewarta : Yuspal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *