Bukti kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Pos Ramil Keera dibangun swadaya

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Wajo – Setelah melalui perjuangan panjang, akhirnya bakal Pos Rayon Militer (Pos Ramil) Keera dapat dimulai pembangunannya di Lapareppa, Dusun Latappareng, Desa Inrello, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Dalam sejarah, pada mulanya Kecamatan Keera berada di “pangkuan” Kecamatan Pitumpanua. Namun pada tahun 1998, seiring terbukanya keran pembentukan kecamatan baru dengan rupa-rupa alasan, utamanya pendekatan rentang kendali pelayanan, Kecamatan Pitumpanua dimekarkan dan Keera “berpisah baik-baik” dengan inangnya Pitumpanua dan terbentuklah Kecamatan Keera.

Sebagai kecamatan baru, simbol-simbol ‘kedaulatan’ untuk mengatur diri sendiri mulai bermunculan. Maka dibangunlah Kantor Kecamatan Keera, Kantor Urusan (KUA) Agama Keera, Kantor Disdik Keera dengan berbagai gonta-ganti nomenklatur, Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Keera, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Keera dan sarana perkantoran lainnya. Di bidang pendidikan, gedung-gedung sekolah menengah bertambah: SMAN 12 Wajo, SMKN 7 Wajo, SMPN 2 Keera, SMPN 3 Keera, SMPN Satap 4 Keera dan SMPN Satap 5 Keera.

Untuk pembinaan teritorial TNI pada matra darat, sejak perpisahan dengan Pitumpanua, telah dibentuk sebuah Pos Rayon Militer (bukan Komando Rayon Militer) untuk wilayah tugas Kecamatan Keera dan dikomandani oleh seorang Komandan Pos Rayon Militer (Danpos Ramil).

Namun, hingga kini Danpos Ramil Keera belum mempunyai bangunan pos. Usaha-usaha merintis pembangunan pos bukannya tidak ada, bahkan tanah hibah dari salah seorang dermawan telah didapatkan lengkap dengan surat hibah. Namun keinginan memiliki sebuah pos permanen dan diharapkan menjadi bakal Markas Koramil Keera, baru benar-benar dapat dieksekusi secara swadaya dua pekan terakhir.

Saat ini, secara komando teritorial, Komando Rayon Militer (Koramil) Pitumpanua-Keera dengan seorang Komandan Rayon Militer (Dan Ramil) “mengontrol” Kecamatan Pitumpanua (27 desa/kelurahan) dan Kecamatan Keera (10 desa/kelurahan) dengan nama komando teritorial Koramil 10/Ptp. Namun untuk Kecamatan Keera, ditempatkan seorang Danpos Ramil yang belum memiliki bangunan pos yang “mengontrol” 10 desa/kelurahan. Kini Mayor Inf. Drs. Baso Ratulangi, M.M. menjadi Danramil 10/Ptp.

Tanpa mengurangi penghargaan terhadap para perintis pembangunan Pos Ramil dalam 20 tahun terakhir, tersebutlah Pelda Herwandi Setiawan, Dan Posramil Keera kini, seorang tentara perawat, telah mendapat komando langsung dari Komandan Distrik Militer (Dandim) 1406/Wajo Letkol Inf. Muh. Juanda Dinata, S.E. untuk menginisiasi ulang pembangunan pos dengan melibatkan para dermawan dan dukungan penuh dari Danramil 10/Ptp Mayor Inf. Drs. Baso Ratulangi, M.M. yang turut hadir dalam kerja bakti dan gotong royong penggalian pondasi.

Perintah ini langsung dieksekusi oleh Herwandi bersama-sama dengan masyarakat Keera. Tersebutlah Kepala Desa Lalliseng (Keera) yang menyumbang 4 kubik batu gunung untuk pondasi disertai dakuan akan menyumbang batu merah. Dakuan Kepala Desa Awo (Keera) Andi Akhmar dengan sumbangan beberapa kubik pasir. Sumbangan Kepala Desa Botto Tengnga (Pitumpanua) Alam Darmawan berupa beberapa sak semen dan banyak lagi dakuan-dakuan derma yang telah masuk.

Setahun sebelumnya, Kepala Desa Inrello H. Umar turut membantu meratakan lahan pembangunan Pos dengan menyumbangkan beberapa jam penggunaan alat berat demi meratakan lahan.

Maka pada Jumat pagi 18 September 2020 lalu, gotong royong pembukaan perdana (grounbreaking) berupa galian pondasi salah satu bakal bangunan mulai dilakukan. Para Bintara Pembina Desa (Babinsa) se-Kecamatan Keera, bersama-sama masyarakat melakukan penggalian. Ada Kepala Desa Lalliseng Ambo Unga P yang turut menjadi salah seorang penggerak warga, Kepala Desa Keera Syamsuridha, hadir pula beberapa pengurus Karang Taruna dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Keera, datang pula beberapa Perangkat Desa Lalliseng dan Inrello.

Pelda Herwandi Setiawan mendapatkan pula dukungan penuh dari para Bintara Pembina Desa (Babinsa) se-Kecamatan Keera. Saat ini, terdapat 5 personil Pos Ramil Keera: Pelda Herwandi Setiawan (Babinsa Ballere sekaligus Danpos Ramil Keera), Serda Samsuddin (Babinsa Awo dan Awota), Serka Muhammad Yusuf (Babinsa Paojepe dan Labawang), Kopda Akbar (Babinsa Ciromanie), Sertu Sahabuddin (Babinsa Keera, Inrello dan Lalliseng) serta Sertu Saharuddin (Babinsa Pattirolokka).

Pondasi yang mulai digali ini adalah pondasi bakal rumah tinggal atau perumahan Danpos. Dalam angan-angan Pelda Herwandi Setiawan, ada tiga bangunan utama pada bakal Pos Ramil ini: Gedung Pos Ramil, Rumah Dinas Danpos dan Mushallah/Mesjid.

Untuk desain bangunan, Herwandi mendapat bantuan dari beberapa tokoh pemberdayaan masyarakat desa di Kecamatan Keera secara gratis dan konsultasi pemetaan titik nol dibantu oleh tokoh pemberdayaan yang tidak mau disebut namanya itu.

 

Kecamatan Keera patut bersyukur mendapatkan Danpos Pelda Herwandi Setiawan yang mempunyai pengalaman merintis gedung Pos Ramil di wilayah tugas sebelumnya di Sulawesi Tenggara. “Di sana, betul-betul murni swadaya dan Pos Ramil dapat berdiri berkat bersatunya TNI dan rakyat,” tutur Herwandi.

Apa yang berlaku kini di Keera adalah salah satu bukti betapa TNI lahir dari rakyat sehinga TNI dan Rakyat itu “tunggal” atau “manunggal”. Dalam sejarah, TNI adalah angkatan perang yang lahir dari rakyat dan berjuang untuk rakyat. Mengungkit romantisme kemanunggalan TNI-Rakyat masa silam tidaklah berlebihan.

Mengungkit sejarah demi suksesnya sebuah misi membangun Pos Ramil Keera tidaklah salah dan tidaklah berlebih-lebihan, sekali lagi. Banyak kasus yang bisa disebut sebagai pengejawantahan bersatunya TNI dengan Rakyat.

Kini, romantisme kemanunggalan itu terus dipupuk dalam pembangunan gedung Pos Ramil Keera. “Kami masih menunggu para dermawan yang ingin menyumbang pembangunan Pos, baik berupa tenaga maupun natura,” ujar Herwandi, seorang tentara yang juga seorang perawat. Ya, Herwandi terus “merawat” kebersamaan dengan rakyat, karena inilah modal utama mempertahankan NKRI.

 

 

Pewarta : Andhy

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *