Kabid Humas Polda Papua : Aksi KKB di Intan Jaya tak manusiawi, Warga ketakutan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Kabid Humas Polda Papua, Drs. Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, berbagai aksi kekerasan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua di Kabupaten Intan Jaya dalam kurun waktu 2 bulan terakhir sangat tidak manusiawi.

Hingga saat ini tercatat, terhitung sejak Agustus dan September 2020 telah terjadi aksi kekerasan disertai penembakan kepada warga sipil dan TNI Polri, dengan korban meninggal dunia dan luka-luka sebanyak 5 orang.

“Salah satu korban meninggal adalah Pendeta Yeremia Zanambani yang terjadi pada hari Sabtu tanggal 19 September lalu,” kata Kombes Kamal melalui keterangan tertulis yang diterima MITRAPOL pada Minggu (27/9).

Selain aksi kekerasan terhadap warga, KKB Papua juga melakukan aksi teror terhadap aparat TNI-Polri, dimana terjadi 2 kali aksi penembakan hanya dalam sepekan, yakni yang terjadi pada Rabu (23/9) pada 2 lokasi yakni di depan Kantor Bupati dan di Pasar Sugapa Kabupaten Intan Jaya.

Selain itu, aksi teror lainnya terjadi pada Jumat (25/9), dimana KKB Papua melakukan penembakan kepada aparat gabungan TNI Polri, saat dalam perjalanan pulang mengantar Wakapolda Papua, Brigjen Pol Mathius Fachiri.

“Aksi penembakan KKB ini membuat ketakutan warga di Bandara Sugapa. Aksi KKB ini telah melanggar HAM, karena kehidupan warga negara yang ingin hidup damai dan sejahtera di tanah ini telah diambil KKB. Aksi KKB tak bisa ditolelir lagi,” jelasnya.

Atas berbagai aksi teror tersebut, Kombes Kamal menyatakan, TNI-Polri akan mengambil tindakan hukum.

“TNI-Polri hadir di tengah masyarakat agar memberikan rasa aman, sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitas dengan aman dan nyaman, tanpa adanya rasa takut atau teror yang dilakukan oleh KKB,” tutupnya.

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *