5 jam persidangan perkara Ruslan Buton, hanya 2 saksi yang bisa didengar keterangan 

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Sidang lanjutan perkara ujaran kebencian yang berlangsung selama 5 jam, hanya dapat menghadirkan dua orang saksi, yaitu pelapor Aulia Fahmi dan Habib Husin Shahab hingga ketua Majelis terpaksa menunda pemeriksaan saksi lainnya Muanas Alaidid, Harko Suryatama, Riyanto Umar, Moelyono Akbar, dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri(PN) Jakarta Selatan, Kamis, (24/9/2020).

Tonin Tachta Singarimbun, SH. selaku Pengacara Ruslan Buton saat dikomfirmasi awak media melalui Penasihat Hukum Andita’s Law Firm mengupas keterangan yang sangat mendalam selama 5 jam tidak cukup untuk memeriksa sehingga Husin Shahab masih harus diperiksa lagi, ujarnya.

“Dalam persidangan tidak dapat ditampilkan oleh saksi link youtube dengan chanel Hamba Allah, karena yang menjadi alat bukti adalah suara yang tidak sama dengan link youtube dalam dakwaan.

Menjadi terungkap juga mengenai isi www.indeks.co.id tidak sama dengan isi rekaman suara yang dilaporkan Aulia Fahmi adalah Advokat dan sekjen Cyber Indonesia.

Diakui pula oleh pelapor dan saksi mengenai www.indeks.co.id adalah media online dan mengaku tidak mengetahui terdaftar atau tidak di Dewan Pers.

Ke Dua saksi juga tidak mampu menerangkan perbuatan “memberitakan” oleh Ruslan Buton sebagaimana pasal 28 ayat 1 undang undang ITE.

Penasihat Hukum juga menemukan isi jawaban Berita Acara Pemeriksaan
(BAP) Aulia dan Husin yang isinya sama alias copy paste, pungkasnya.

Disisi lain Ruslan Buton kembali ke Rutan, setelah diberikan cuti selama empat hari (Jum’at s/d Senen) oleh Ketua Majelis Hakim PN Jakarta Selatan guna menghadiri pemakaman istrinya Almarhumah Erna.

Dengan berdo’a Ruslan Buton meninggalkan rumah kediaman almarhumah disaksikan oleh ke Dua anaknya, juga para anggota eks. Trimatra serta masyarakat melepas dengan rasa haru untuk kembali ke Rutan.

Ruslan Buton yang masih memakai seragam Panglima eks. Trimatra berangkat pukul. 17.30 dari pasar Kulon Pandeglang menuju rutan Bareskrim bersama dengan JPU. Rauf, SH. Sigit, SH. dan tim Penasihat Hukum terdiri dari Advokat Ananta Rangkugo, SH. Julianta Sembiring, SH. dan Nikson Siahaan, SH. Yang dikawal oleh tiga orang anggota kepolisian.
Tiba di rutan sekitar pukul. 19.30 Wib.

Ruslan Buton akan melanjutkan persidangan berikutnya hari kamis tanggal 1 Oktober 2020, sidang akan dimulai jam 10. Guna pemeriksaan saksi Husin Shahab dan Muanas Alaidid serta satu orang saksi, satu orang anggota Whatsapp(WA) grup APIB Riyanto Umar.

“Adv. Ir Tonin Tachta S. SH”.

 

 

Reporter: Herman.

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *