Aktivis mahasiswa soroti oknum perangkat Desa Kadupayung yang bernyanyi karaoke di ruang kerja 

  • Whatsapp
Foto ilustrasi PNS

MITRAPOL.com, Pandeglang – Dalam sebuah video oknum Perangkat Desa Kadupayung Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten dengan berpakaian dinas kerja menyanyi sambil berjoget geal geol badan sontak membuat geram Aktivis Front Aksi Mahasiswa (FAM) Pandeglang.

“Pakaian dinas, dan tanda jabatan perangkat desa dimaksudkan untuk penyeragaman bentuk dan susunan pemerintahan Desa secara Nasional untuk memelihara dan menjaga wibawa serta tertib pemerintahan, jika fenomena yang terjadi di ruang kerja tempat melakukan kegiatan pusat pelayanan masyarakat dengan menggunakan seragam kerja malah dijadikan tempat karaoke maka sungguh ironis,” jelas Ucu Fahmi, Presidium dari Aktivis Front Aksi Mahasiswa pada Senin (28/9/2020).

Ucu Fahmi menambahkan, bahwa Kantor Desa adalah tempat aparatur Desa memberikan pelayanan terhadap masyarakat, bukan tempat untuk menghibur diri.

“Kantor Desa itu merupakan tempat pelayanan bagi masyarakat, bukan tempat karaoke dan tempat senang-senang aparat desa.” Imbuh Aktivis Front Aksi Mahasiswa (FAM).

Aktivis Front Aksi Mahasiswa (FAM) juga mengatakan dengan berpakaian Dinas Perangkat Desa, dan diwaktu Jam Kerja di Lingkungan Pemerintah Desa, seharusnya bisa disiplin.

“Disiplin Pegawai pada saat berpakaian dinas, dan waktu jam kerja di Pemerintahan Desa perlu dimaksimalkan untuk memberikan contoh kepada masyarakat yang berada di wilayah Desa tersebut,” papar Ucu Fahmi.

Masih dikatakannya jika ada oknum Perangkat Desa bernyanyi di ruang kerja dengan Pakaian Dinas Harian (PDH) lengkap dengan atributnya harus diberikan sanksi sebagai upaya peningkatan kedisiplinan kinerja, dan jika hal ini dibiarkan begitu saja maka Pemerintah Desa dianggap tidak berhasil melaksanakan tugas memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

“Dalam melaksanakan tugas Kepala Desa berwenang memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa, untuk mengangkat dan memberhentikan perangkat Desa jika melakukan pelanggaran kedisiplinan kinerja, untuk itu segera mengambil sikap tegas terhadap kegiatan Perangkat Desa yang bernyanyi diruang kerja dengan Pakaian Dinas lengkap dengan atributnya,” ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa pemegang kekuasaan Desa adalah Kepala Desa jadi Hak, Tugas, dan Kewajiban Kepala Desa sesuai ketentuan Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Pasal 26, diantaranya Kepala Desa bertugas melakukan pembinaan kemasyarakatan Desa.

“Membina kehidupan masyarakat Desa adalah Hak, Tugas, dan Kewajiban Kepala Desa sesuai ketentuan Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, untuk itu jika Kantor Desa yang merupakan tempat pelayanan bagi masyarakat dijadikan ruangan untuk menghibur diri sendiri dengan cara bernyanyi maka fenomena itu sangat memprihatinkan,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk menggali informasi lebih lengkap awak media masih mencoba untuk meminta hak jawab oknum Perangkat Desa, dan juga Kepala Desa Kadupayung Kecamatan Menes. (Tim)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *