Forkam harus jadi garda terdepan dalam melakukan fungsi kontrol sosial dan pemberdayaan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com,  Lebak Banten – Beberapa Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Lembaga Swadaya Masyarakat dan awak media yang ada di Kecamatan Maja Kabupaten Lebak berkumpul dalam rangka pembentukan struktur kepengurusan sekaligus menjalin silahturahmi antar organisasi. Sabtu (3/10).

Penasehat Forum Komunikasi Ormas dan Lembaga Kecamatan Maja, Abah Somad mengatakan, dibentuknya kepengurusan forum komunikasi antar ormas ini sangat penting sekali, demi untuk menyatukan visi misi sekaligus sebagai wadah silaturahmi antar ormas dan lembaga.

’’Ini semata-mata untuk menjalin komunikasi, interaksi dan koordinasi diantara pengurus Ormas, LSM dan Awak Media agar selalu terjalin kebersamaan,’’ jelas Abah Somad dalam sambutannya.

Bertempat di Kantor Sekretariat Komando Garuda Sakti DPD Banten, Desa Curugbadak Kecamatan Maja, beberapa pengurus dari berbagai organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, Lembaga dan Media yang ada di Kecamatan Maja hadir dalam acara pertemuan tersebut. Diantaranya yakni Ormas GABSI, ARUN, LMPI, TAJIMALELA, PP, JARUM, LAPBAS, PWRI serta Karang Taruna Kecamatan dan beberapa perwakilan dari media berita online.

Menaggapi keberadaan ormas yang masih dipandang negatif di mata masyarakat, Obang yang terpilih sebagai Ketua Forum secara aklamasi bertekad akan mengubah image tersebut dengan cara akan menjadikan setiap ormas memiliki intelektual sehingga dapat berkreasi membuat kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.

Menurutnya, keberadaan forum ormas sendiri sebetulnya ingin menciptakan kondusifitas antar ormas agar tetap terjalin komunikasi dan hubungan baik.

“Demi menghindari ketegangan antar ormas dan lembaga, melalui forum ini semoga bisa menjadi contoh bagi masyarakat umumnya dan bagi ormas dan LSM khususnya yang ada di kecamatan maja,” kata Obang.

Pada kesempatan yang sama, Aji Muyung yang merupakan penggagas dan inisiator terbentuknya Forum Komunikasi Ormas dan Lembaga ini menyampaikan, agenda ini harus terprogramkan secara konsisten, sebab makna dari kondusifitas itu apabila kita lengah akan terpecah maka harus dijalin dengan adanya silaturahmi dan kebersamaan. Sehingga kedepan Ormas dan Lembaga yang tergabung dalam forum ini bisa menjadi garda terdepan baik dalam fungsi kontrol sosial maupun pemberdayaan.

’’Isu negatif yang berasal dari hoax merupakan salah satu penyebab yang dapat menyulut konflik dan menimbulkan ketegangan antar ormas. untuk itu, melalui forum ini mari kita secara bersama sama menjalankan fungsi kita dalam melakukan kontrol sosial, dengan tetap mengedepankan silaturrahmi demi terciptanya kondusifitas yang sesuai harapan,” ujarnya.

 

 

Pewarta : Ahmad/Panjul

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *