Secara Virtual, Pemkot Metro ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020, Pemerintah Kota Metro mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual Tahun 2020.Dengan prosedur menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19,acara berlangsung di OR Kota Metro, Kamis (01/10/20).

Turut hadir Walikota Metro, Wakil Walikota Metro, beserta jajaran dan sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkot Metro.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 mengambil tema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila”.
Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 ini dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di lokasi Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Selain Pemkot Metro, upacara secara virtual serentak ini diikuti oleh sejumlah pejabat publik di Indonesia.Dalam upacara tersebut, pembaca teks Pancasila adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, pembaca teks Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 adalah Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti serta pembaca dan penandatanganan ikrar dilakukan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Selanjutnya kegiatan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum suatu peristiwa bersejarah yang dikenal dengan hari nasional dan diperingati setelah peristiwa Gerakan 30 September atau yang lebih dikenal sebagai G30S. Dimana saat itu, insiden G30S merupakan usaha dari PKI untuk mengubah Pancasila menjadi ideologi komunis.

 

 

Pewarta : MM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *