Di Timika, Upacara HUT TNI Ke-75 Digelar Secara Virtual

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Jajaran Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III TNI yang membawahi satuan TNI di wilayah Indonesia Timur mengikuti pelaksanaan upacara peringatan hari ulang tahun HUT TNI ke-75 secara virtual mengingat situasi pandemi COVID-19.

Upacara yang diikuti secara virtual itu berlangsung di Mako Brigif 20/IJK/Kostrad Timika pada Senin, (5/10) melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden. Upacara dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai inspektur upacara.

Upacara HUT TNI ke – 75 secara virtual

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga selanjutnya Presiden menyapa dan mendengar langsung laporan dari berbagai daerah tak terkecuali dari Kogabwilhan III di Timika, Papua.

Dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, tampak Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi tiga pimpinan matra TNI, yaitu KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta pejabat negara lainnya.

Sementara peserta yang hadir secara virtual dari Kabupaten Mimika diantaranya, Panglima Komando Operasi Pinang Sirih, Brigjen TNI Dwi Darmadi, Asisten Operasi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI, Brigjen TNI Suswatyo, Asisten Teritorial Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI, Brigjen TNI Dandang Kurniawan, Kepala Kelompok 1 Staf Ahli Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI, Marsma TNI Marsudi, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob dan jajaran petinggi TNI-Polri di Kabupaten Mimika serta undangan lainya.

Pemotongan 75 Tumpeng pemberian dari Polres Mimika

Usai mengikuti upacara, Asisten Operasi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI, Brigadir Jenderal TNI Suswatyo kepada wartawan mengatakan hari jadi TNI ke-75 menjadi momen evaluasi bagi anggota TNI dalam bertugas.

“Ini menjadi refleksi tugas pokok TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan di negara kesatuan republik Indonesia. Tak terkecuali yang ada di wilayah Papua. Harapan kami TNI semakin jaya dan sukses dalam melindungi rakyat didalam bingkai NKRI,” kata Brigjen TNI Suswatyo.

Menurutnya, berbagai pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo didalam upacara yang berlangsung, saat ini pihaknya telah menjalankan di wilayah Indonesia Timur.

“Apa yang disampaikan bapak Presiden yang sudah kita saksikan bersama-sama. Pada intinya kita sudah menjalankan dan memberikan sumbangsi semaksimal mungkin,” terangnya.

Salah satunya yakni Kogabwilhan III telah menggelar berbagai kegiatan pasukan diantaranya, pengamanan daerah rawan, pengamanan wilayah perbatasan, pengamanan tugas-tugas pulau terluar.

“Demikian juga dengan pengamanan untuk perbatasan Laut, Darat dan Udara yang menjadi tanggungjawab kami selaku Kogabwilhan III,” pungkasnya.

Pantauan MITRAPOL, usai upacara berlangsung dilanjutkan dengan pemotongan 75 tumpeng pemberian dari Kepolisian Resort (Polres) Mimika kepada satuan TNI di Mimika.

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *