Kaget divonis bebas, Febi pingsan di ruang sidang PN Medan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan Sumut – Kaget divonis bebas dalam perkara ITE, Febi Nur Amelia (29), langsung pingsan dan terpaksa dibopong oleh keluarganya keluar ruang Cakra-5 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (6/10/2020)

Majelis Hakim diketuai Sri Wahyuni Batubara menjatuhkan vonis bebas dengan pertimbangan, apa yang dilakukan Febi meminta pengembalian hutang kepada Fitriani Manurung bukan merupakan perbuatan pidana.

Disebutkan, terdakwa melakukan penagihan hutang menemui jalan buntu, baik secara kekeluargaan maupun komunikasi.

“Berharap hutangnya dibayar, akhirnya terdakwa menggunakan history media sosial instagram,” urai majelis hakim dalam amar putusannya.

Fakta yang terungkap di persidangan, tambah majelis hakim, ada bukti pemimjaman uang yang dilakukan Fitriani, yakni ada transfer uang ke rekening Ilsaruddin, suami Fitriani.

“Ada bukti transfer uang sebesar Rp70 Juta kepada suami Fitriani yang belum dibayarkan, ” papar majelis hakim.

Dengan begitu, hakim membebaskan ibu rumah tangga yang beralamat Komplek Menteng Indah Medan ini, dari tuntutan jaksa, 2 tahun penjara.

Usai hakim membacakan putusan bebas, Febi langsung sempoyongan dan terjatuh ke lantai ruang sidang namun pihak keluarga langsung membawanya ke luar ruang sidang.

Advokat M. Fauzi selaku penasehat hukum Febi, menjelaskan jika putusan cukup berkeadilan dan memberikan apresiasi atas putusan itu.

“Saya rasa putusan hakim telah memenuhi rasa keadilan,” jelasnya kepada wartawan, usai sidang.

Putusan majelus hakim berbeda dengan tuntutan JPU Randi Tambunan yang menuntut Febi, 2 tahun penjara. Karena melanggar Pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Perlu diingat, munculnya kasus ini setelah Febi mengunggah tulisan di Instagram Story pada 19 Februari 2019 sekira pukul 21.00 WIB.

“Seketika Teringat Sama Ibu Kombes Yg Belum Bayar Hutang 70 Juta Tolong Bgt Donk Ibu Dibayar Hutangnya Yg Sudah Bertahun-Tahun dst”.

Merasa nama baiknya tercemar lewat unggahan itu, Fitriani pun melapor kepolisi, sehingga perkaranya bergulir di PN Medan.

 

 

Pewarta : ZH

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *