Dukungan ASN pada Paslon No. 2, Ketua Bawaslu Lampung Timur : Temuan ini kita proses dan putusan kewenangan KASN

  • Whatsapp
Uslih, S.Pdi, Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Timur, saat ditemui awak media, Selasa (13/10/20). Foto : MM

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Adanya temuan Bawaslu terkait oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mendukung salah satu paslon Bupati jelang Pilkada mendatang. Adapun pelanggaran yang dilakukan ASN tersebut adalah telah memposting di medsos Facebook.

Hal ini disampaikan, Uslih, S.Pdi selaku Ketua Bawaslu Lampung Timur dan mengatakan bahwa proses pemeriksaan telah ditindaklanjuti terhadap salah satu ASN yang terlibat Politik praktis.

“Klarifikasi terhadap yang bersangkutan atas temuan Bawaslu Lampung Timur, adanya pelanggaran netralitas ASN. Kami juga sudah melakukan klarifikasi terhadap yang bersangkutan dan meminta keterangan saksi-saksi. Proses selanjutnya yang dilakukan Bawaslu Lampung Timur adalah kajian akhir, maka kami akan segera plenokan dan kami akan menyampaikan hasil pleno kepada dinas terkait,serta akan kami laporkan ke KASN melalui Bawaslu Provinsi,” ungkap Uslih kepada awak media, Selasa (13/10/20).

Ditambah Uslih, ia menjelaskan dugaan pelanggaran ASN tersebut dan putusan sanksi adalah menjadi kewenangan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Dugaan pelanggaran ASN tersebut adalah memposting salah satu Paslon Bupati Lampung Timur No. Urut 2 di media sosial Facebook. Mengingat ASN tersebut istri dari Paslon tersebut, walaupun ASN telah cuti tetapi harus menunjukkan netralitas ASN yang tidak ada keterpihakan pada salah satu paslon. Artinya aturan mengikat bagi ASN, arus netral,” tambah Uslih.

Sesuai pernyataan Ketua Bawaslu, ASN tersebut berdinas di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Lampung Timur dan menjabat sebagai Kabid.

Saat ditemui, Siti Maidasuri selaku Seketraris Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Lampung Timur mengatakan, bahwa ASN tersebut sudah mengajukan cuti dalam rangka mendampingi suami jelang Pilkada.

“Ibu Ika Nurliawati adalah Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura yang sudah mengajukan cuti sejak tanggal 1 Oktober 2020 sampai dengan 31 Januari 2021,” tutup Siti.

 

 

TIM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *