Polda Papua tetapkan 5 orang tersangka kasus video mesum viral di Timika

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Papua – Kepolisian Daerah (Polda) Papua melalui penyidik Subdit V Siber Dit Reskrimsus menetapkan lima orang tersangka baru terkait kasus penyebarluasan video panas salah satu tokoh masyarakat (Tomas) di Kabupaten Mimika di media sosial WhatsApp yang viral di Kota Timika beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Papua, Kombespol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan pers pada Selasa, (13/10/20) menyebutkan lima orang yang kini tersangka sebelumnya berstatus sebagai saksi.

“Dari hasil gelar perkara pada Senin (12/10) kemarin, menetapkan lima orang dari saksi dinaikkan sebagai tersangka, masing-masing berinisial VM, UY, PYM, EO, dan DW,” kata Kombes Pol Kamal dalam keterangan pers di Polda Papua, Selasa, (13/10/2).

Menurut dia, penetapan tersangka kasus pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) itu setelah penyidik melakukan gelar perkara di ruang perkara Ditreskrimsus Polda Papua sebagaimana laporan polisi dengan nomor: LP/225/IX/Res2.5/2020/SPKT Polda Papua tanggal 9 September 2020.

“Terkait kasus ini, sudah ada 11 saksi yang dimintai keterangan. Selain itu, penyidik juga telah melakukan jejak digital ke mana saja video itu disebarkan,” terangnya.

Ditambahkan, kelima orang tersangka tersebut selanjutnya dipanggil penyidik dan dilakukan penahanan di rutan Mapolda Papua.

Untuk diketahui, salah satu dari lima orang tersangka merupakan pejabat teras di Kabupaten Mimika berinisial EO.

Tersangka dijerat dengan pasal 45 ayat 1 jo pasal 27 ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

“Ini hukuman pidana penjaranya paling lama enam tahun atau denda Rp1 miliar,” pungkasnya.

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *