Tiga Tahun masuk DPO, terpidana kasus korupsi ditangkap Intel Kejatisu di Martubung

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan – Erwin Panggabean, mantan Kabag Umum Pemkab Toba, terpidana kasus korupsi pengadaan dan pensertifikatan tanah, ditangkap tim Intel Kejati Sumut untuk menjalani hukuman satu tahun penjara.

Plt. Kajatii Sumut Aditya Warman didampingi Asintel Dwi Setyo Budi Utomo dan Kasi Penkum Sumanggar Siagian mengatakan, Senin (12/10/2020), terpidana DPO selama tiga tahun, terkait korupsi pensertifikatan tanah.

Dikatakan, terpidana didakwa melakukan tindak pidana korupsi kegiatan pengadaan dan pensertifikatan tanah dalam program penataan, penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah pada Sekda Kab.Toba (sebelumnya Toba Samosir).

Menurut Aditya Warman, perbuatan terpidana dalam.melaksankan kegiatan penataan tanah, tidak sesuai dengan Permen No 13 tahun 2006.

“Sesuai dengan hasil pemeriksaan inspektorat ditemukan adanya penyimpangan penggunaan anggaran yang merugikan keuangan negara,” jelas Aditya.

Disebutkan pula, terpidana ditangkap di salah satu Pertokoan, Bengkel Doli Jalan Rawe Utama Martubung, Medan Labuhan, Medan.

Saat akan ditangkap, terpidana sempat mencoba melarikan diri ke lantai 3 ruko. Tim yang sudah mengintai mengetahui rencana terpidana untuk melarikan diri, terpidana berhasil ditangkap sekira pukul 19.41 WIB.

Proses perkara yang ditangani Pengadilan Negeri sampai kasasi Mahkamah Agunng, terpidana sudah mengembalikan kerugian keuangan negara Rp 740 juta dan denda 50 juta.

Awalnya terpidana divonis 1 tahun penjara, kemudian banding menjadi 3 tahun penjara. Terpidana kasasi lagi dan dijatuhi hukuman 1 tahun penjara.

 

 

Pewarta : ZH

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *