Diduga ilegal, Penambangan Pasir di Dusun Jagapayung resahkan warga

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Humbahas Sumut – Warga Dusun Jagapayung, Desa Purba Baringin, Kecamatan Pakkat Humbahas, telah membuat surat keberatan kepada Pemerintah Humbang hasundutan melalui Plt. Kepala Desa, terkait keberadaan Penambang Galian C jenis Pasir yang diduga illegal.

Menurut keterangan masyarakat, alasan mereka membuat Surat Keberatan dikarenakan praktek penambangan pasir yang ada dibelakang rumah penduduk mengakibatkan dingding rumah penduduk banyak yang retak akibat dari getaran Mesin Diesel sebagai penyodot Pasir itu.

Hasil pantauan awak Media di lapangan, ada sekitar 5 unit mesin Diesel yang dipergunakan untuk menyedot pasir dari Sungai Sibuluan di Dusun Jagapayung Desa Purba Baringin.

Berkaitan dengan Surat keberatan Itu Wartawan Mitrapol mengkonfimasi ke Dinas Lingkungan Hidup Humbahas melalui salah seorang Kabid, beliau berjanji akan menindak lanjuti pengaduan itu secepat mungkin.

Kepala UPT Dinas Pertambangan yang berkantor di Humbahas ketika di konfirmasi terkait banyaknya Galian C Illegal termasuk penambang Pasir dengan mempergunakan Mesin Penyedot, mengatakan bahwa pihak UPT telah memberikan Surat Himbawan supaya penambangan tersebut dihentikan, namun hingga saat ini Pratek Penambangan Pasir itu masih berlanjut.

 

 

Pewarta : FP

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *