Ketua Bawaslu Lampung Timur : Paslon harus ikuti aturan pemasangan APK

  • Whatsapp
Uslih,S.Pdi Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Timur saat ditemui Mitrapol, Selasa (13/10/20). Foto : MM

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Timur mengimbau seluruh peserta Pemilu untuk mematuhi aturan pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Hal tersebut disampaikan,Uslih, S.Pdi, Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Timur.

“Himbauan resmi KPU sudah ada yang harus dipatuhi oleh paslon.Sesuai surat keputusan Komisi Pemilihan Umum KPU Lampung Timur Nomor : 289/HK.03.2-kpt/1807/KPU-kab/IX/2020, tertanggal 10 September 2020 tentang penetapan fasilitas alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye ( BK ) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur tahun 2020,” ucap Uslih saat ditemui awak media, Selasa (13/10/2020 ).

Uslih menegaskan,bahwa ada sanksi dan ketentuan tertentu mengenai zona lokasi dan ukuran APK yang harus di ikuti jelang pemilu.

“Mengenai aturan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) dari jumlah, ukuran dan Zona lokasi dan tempat pemasangan.Hal ini dilakukan agar paslon mengerti tentang aturan yang sesuai dengan undang-undang. Kami menghimbau kepada pasangan calon untuk tidak memasang APK di luar zona seperti di pohon.Mohon segera dilepas alat peraga tersebut yang tidak sesuai dengan bentuk ukuran dan jumlahnya.Namun jika masih ada,Bawaslu akan segera menyampaikan rekomendasi ke KPU untuk menegur pasangan calon agar segera melakukan penertiban APK sebelum dikenakan sangsi administrasi,” tegasnya.

Berdasarkan surat KPU,alat peraga kampanye yang dicetak dan dipasang calon atau Tim sukses (TS) harus sesuai dengan jumlah yang telah di tetapkan.Adapun Dalam surat KPU tersebut jumlah APK, untuk baliho ukuran 3×5 meter sebanyak 5 lembar setiap Kabupaten, umbul- umbul ukuran 0,5×6 meter sebanyak 10 lembar per Kecamatan dan spanduk ukuran 1×6 meter sebanyak 2 lembar per desa. Yang tersebar di 24 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Timur.

 

 

Pewarta : MM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *