Dinas Pertanian Provinsi Banten serahkan bantuan benih Padi pada Petani di Bayah Timur

  • Whatsapp

MITRAPOL.com. Lebak Banten – Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten, mendistribusikan bantuan 1,5 ton benih Padi Varietas Ciherang untuk Kelompok Tani (Poktan) di Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.

Bantuan tersebut diberikan, ke Desa Bayah Timur memiliki area pertanian yang cukup luas dengan rincian area pesawahan seluas 25 hektare dan area ladang seluas 35 hektare.

Kepala Desa Bayah Timur Agus Iyep Iswahyudi mengatakan, sebagian besar warganya mengandalkan bertani untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Terlebih, 50 hektare di wilayah desanya merupakan lahan pertanian.

Menurutnya, bantuan benih padi diprioritaskan untuk kelompok tani dari keluarga yang sejahtera. Dengan harapan, benih padi ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para petani sehingga dapat meningatkan produksi pangan.

“Ada ratusan petani yang mendapat bantuan benih padi dari Pemprov Banten. Mudah-mudahan ini dapat menunjang hasil panen yang baik,” katanya saat ditemui di lokasi, Senin (19/10/2020).

Ia menuturkan, bahwa wabah covid-19 tidak hanya menjadi ujian kesehatan dan ekonomi saja, namun juga masalah pangan keluarga. Dan semoga, melalui bantuan benih ini, dapat mendorong peran kelompok tani untuk memperkuat ketahanan pangan nasional, khususnya di Kecamatan Bayah.

“Kita sama-sama tahu, bahwa pandemi covid-19 tidak hanya menyerang pada sektor pertanian, melainkan pada pangan keluarga juga. Dengan bantuan ini, mudah-mudahan kebutuhan pangan di Bayah dapat tercukupi. Kita membangun dari desa untuk Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sugih Mukti, Jumhani, mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Banten atas bantuan benih padi. Sebab, bantuan ini dinilai lebih tepat. Mengingat, saat ini di wilayah Bayah Timur sedang masuk masa menanam.

“Bersyukur sudah dibantu. Saat ini sudah masuk masa tanam juga, jadi pas bantuan ini. Semoga dengan bibit yang unggul ini hasil panennya lebih banyak dan berkualitas. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan pangan di Bayah Timur secara khusus dan Kecamatan Bayah pada umumnya,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid berharap, bantuan benih padi bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para petani di Bayah Timur.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat buat para petani. Ini merupakan bentuk kepedulian Gubernur dan Wakil Gubernurnya dalam memajukan sektor pertanian di Provinsi Banten. Ke depan, Pemprov Banten akan lebih maksimal dalam memfasilitasi para petani di semua wilayah di Banten, agar terwujudnya ketahanan pangan,” ujar Agus M Tauchid.

 

Pewarta : Miana Putri

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *