Laksanakan Ops Yustisi, Bhabinkamtibmas Desa Gantung awasi dan imbau warga tetap disiplin Prokes

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Beltim – Saat ini, Polri bersama intansi terkait gencar melaksanakan Operasi Yustisi guna percepatan penanganan covid-19. Wabah covid-19 yang setiap hari terus mengalami perkembangan dan penularan yang sangat masif membutuhkan kerja sama dari semua pihak dan kesadaran tinggi untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian.

Ops Yustisi yang dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, BPBD dan Dishub untuk mengawasi langsung penerapan prokes di dalam aktivitas keseharian. Kegiatan Ops Yustisi berdasarkan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 dengan tujuan untuk memastikan peningkatan disiplin kepada masyarakat pada penggunaan masker yang mana harus diikuti dan diterapkan langsung oleh setiap orang sampai ke kelurahan, perkantoran bahkan sampai ke pedesaan.

Dalam hal ini Ops Yustisi di beberapa wilayah diberlakukan sangsi seperti tindakan sosial berupa membersihkan jalan sampai denda bukan maksud untuk lebih mengedepankan tindakan represif, namun untuk menyadarkan atau memberikan efek jera kepada setiap pelanggar prokes. Hal tersebut tentu dengan dasar atas untuk menyelamatkan dan menimbulkan kedisiplinan tinggi bahwa prokes adalah kebutuhan pokok di masa pandemi covid-19.

Diwilayah Kabupaten Belitung Timur, Ops Yustisi sudah di gelar di titik keramaian, baik di pasar, pegadaian, warung kopi, taman kota bahkan di perkantoran tingkat Desa. Atas perintah Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H para Bhabinkamtibmas harus terus melakukan imbangan Ops Yustisi di Desa binaan masing-masing dengan melibatkan Babinsa dan perangkat Pemerintah Desa (Sinergi 3 Pilar).

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Gantung Brigadir Friangga di Kantor Desa Gantung, mengedukasi dan menghimbau kepada warga Desa binaan yang datang agar tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki Kantor Desa Gantung, Selasa ( 20/10/20 )

Brigadir Friangga, dengan himbauannya mengajak masyarakat yang datang untuk turut berperan dan terlibat secara aktif guna berupaya mengingatkan warga Desa yang lain jika terlihat tidak menjalankan prokes ketika beraktivitas diluar rumah. Minimal saling mengingatkan tetangga untuk saling peduli kesehatan dan keselamatan bersama di masa pandemi covid-19.

“Kami bersama akan terus berupaya mendukung percepatan penangangan covid-19 dengan melaksanakan imbangan Ops Yustisi. Hari ini dilaksanakan di Kantor Desa dengan sasaran warga Desa yang mempunyai keperluan atau kepentingan datang ke Kantor Desa. Kami juga menghimbau dengan warga yang datang untuk turut membantu kami menyadarkan dan mengingatkan warga yang lain jika ditemukan tidak menerapkan prokes minimal menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan terutama ketika melakukan aktivitas diluar rumah. Masa pandemi covid-19 seperti ini kita harus saling peduli demi kesehatan dan keselamatan bersama dan ini bukan hanya tugas TNI, Polri, Pemerintah saja, namun setiap orang harus berperan, jelas Brigadir Friangga.

Kepada warga Desa yang telah menerapkan prokes ketika datang, mulai dari sebelum masuk ke kantor Desa sudah mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker, pihak Pemerintahan Desa Gantung sangat mengapresiasi dan diucapkan terima kasih, semoga bisa menjadi contoh bagi warga yang lainnya khususnya warga Desa Gantung.

 

 

Pewarta : Serli Agus

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *