Antisipasi laka lantas, Sat Lantas Polres Bangka Barat gelar Focus Grup Discussion

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Babar — Kasat Lantas Polres Bangka Barat menghimbau kepada Masyarakat agar dapat mengerti dan paham dalam berlalu lintas, dan di tengah pandemi Covid-19 Masyarakat diminta membiasakan diri dalam berkendara untuk selalu menggunakan masker sebagai tambahan alat berkendaraan untuk menghindari penyebaran Virus Corona covid 19.

Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas Polres Bangka Barat saat melaksanakan kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) yang dilaksanakan di Kantor Desa Pusuk Kec Kelapa Kab Bangka Barat. Kamis (22/10).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat dapat mengetahui dan mengantisipasi penyebab terjadinya laka lantas, juga agar terjalin Komunikasi dan silaturahmi yang baik dengan masyarakat sehingga masyarakat dapat menjadi pelopor dalam keselamatan berlalu lintas.

Dalam kesempatan ini, Kasat Lantas Polres Bangka Barat menjelaskan faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya laka lantas, secara garis besar ada dua faktor yaitu Faktor Internal, yaitu manusia atau kelalaian manusia, dan Faktor Eksternal yaitu faktor kendaraan.

Faktor jalan juga bisa menjadi penyebab laka lantas,  jalan berlobang, dan tidak rata dapat menimbulkan kecelakaan, serta tidak adanya rambu-rambu lalu lintas sebagai petunjuk jalan. Faktor cuaca yaitu keadaan cuaca seperti hujan yang menybebakan jalan licin.

Upaya dalam menanggulangi yaitu Pengaturan lalu lintas yang diartikan sebagai semua aktivitas dari polisi dalam mengatur lalu lintas di jalan umum termasuk dalam penggunaan jalan umum untuk keramaian.

Penjagaan lalu lintas adalah suatu kegiatan pengawasan lalu lintas pada tempat-tempat tertentu yang diadakan sesuai kebutuhan terutama bersifat pencegahan, perlindungan pelayanan terhadap pengguna jalan.

Kesepakatan bersama akan meningkatkan kesadaran masyarakat tertib dalam berlalu lintas.akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melengkapi kelengkapan kendaraan r2 maupun r4 ditambah dengan masker agar terhindar virus covid 19.

Agar bersama-sama menjaga serta menurunkan angka laka lantas dengan mematuhi aturan/rambu lalu lintas.agar bersama-sama menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kepada peserta diskusi mampu mengetahui dan mengerti tentang Etika Berlalu lintas di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Guna Terhindar dari Virus Corona covid 19.

“Agar timbul peran serta dan kepedulian warga masyarakat Desa Pusuk kec Kelapa terhadap Tata Tertib Etika Berlalu Lintas serta dapat menghilangkan kebiasaan masyarakat dalam Berkendara Tidak Melengkapi Kendaraan dan Kurang Berhati hati sehingga rawannya terjadi Laka Lantas,” ujar Sat Lantas Polres Bangka Barat.

Kegiatan FGD tentang tertib berlalu lintas dalam upaya meminimalisir fatalitas korban kecelakaan Lalu Lintas di wilayah Kabupaten Bangka Barat dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru guna terhindar dari penyebaran Covid 19 dalam rangka mewujudkan Kamtibmas yang damai sejuk dan kondusif menjelamg Pemilukada 2020 agar berlangsung dengan aman dan lancar,

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Bangka Barat IPTU Edwar, Kasat Lantas Polres Bangka Barat IPTU Aprilyadi, Kades Desa Pusuk,Kanit Binmas Polsek Kelapa, Bhabinkamtibmas Desa Pusuk, Anggota Binmas Polres Bangka Barat, Tokoh masyarakat Desa Pusuk Kec Kelapa, Para ketua RW dan RT Desa Pusuk Kec Kelapa

 

 

Pewarta : Sony Dawara.

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *