Dua tersangka pelaku penambang ilegal diamankan Sat Reskrim Polres Bangka Barat

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Babar  — Sat Reskrim Polres Bangka Barat berhasil mengamankan dua tersangka pelaku penambangan bijih timah ilegal di kawasan Hutan Konservasi Tahura Gunung Menumbing, Jum’at (23/10).

Keduanya ditangkap dikawasan Kelekak Unying Dusun Daya Baru Pal IV Desa Air Belo Kecamatan Mentok Kabupaten Bangka Barat.

Kasat Reskrim Polres Bangka Barat AKP Andri Eko Setiawan.SH.SIK, mengatakan,”Kedua penambang tersebut masing-masing berinisal Tr (35) warga Pal 2 Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat dan Wa (37) warga Dusun Pait Jaya Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat.”

“Anggota Polres Bangka Barat sebelum melakukan penangkapan sudah mengintai beberapa hari, anggota sudah mengendap di hutan semalam karena kalau kita masuk pagi rata-rata mereka banyak cepunya, istilahnya pasti bocor informasinya,” ujar Kasat Reskrim Polres Bangka Barat.

Kedua pelaku adalah penambang bijih timah ilegal inkonvensional, keduanya diamankan pada saat melakukan aktivitas penambangan di lokasi tersebut

“Ketika ditanyakan perihal perizinan terkait kegiatan penambangan tersebut, Tr dan Wa tidak dapat menunjukannya. Lalu anggota Sat Reskrim Polres Bangka Barat langsung mengamankan tersangka dan Barang Bukti yang ada Ke Mapolres Bangka Barat guna dilakukan penyidikan lebih lanjut,” ujar Kasat Reskrim.

Selain berhasil mengamankan dua pelaku, Anggota Polres Bangka Barat juga mengamankan barang bukti berupa sejumlah alat tambang.

“Untuk barang bukti saat ini kami amankan di Mapolres Bangka Barat sedangkan untuk tersangka dalam proses penyidikan dan akan dijerat dengan undang-undang minerba,” pungkas Kasat Reskrim.

Kasat Reskrim Polres Bangka Barat AKP Andri Eko Setiawan.SH.SIK Seizin Polres Bangka Barat AKBP Ferdiansah, SIK mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah itu berpartisipasi aktif menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing. Apabila ditemukan aktivitas ilegal maka akan dilakukan tindakan tegas karena upaya preventif sudah sering diberikan.

 

 

Pewarta : SR.

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *