Gelar Hajat Buruan Pusaka Tatar Sunda, Abah Anton pimpin rapat kordinasi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jabar – Irjen. Pol. (Purn) Dr. Drs. H. Anton Charliyan, M.P.K.N. atau yang biasa disapa Abah Anton, mantan Kapolda Jawa Barat sekaligus sebagai Tokoh Budaya memprakarsai kegiatan Hajat Buruan yang rencannya akan diselenggarakan pada tanggal 8 November 2020.

Sebagai langkah persiapan, Abah Anton memimpin rapat kordinasi persiapan acara Hajat Buruan yang digelar di lokasi Wisata Geopark Batu Mahpar, Singaparna Tasikmalaya, Sabtu, (24/10/20).

Acara dihadiri oleh berbagai sesepuh yang ada ditatar Sunda, diantaranya Kasepuhan Cirebon, Panjalu, Kampung Naga, Galuh Pakuan, Pantai Selatan, Rengrengan Padepokan Tasikmalaya dan berbagai pinesepuh dari Banten sampai Cirebon.

Abah Anton

Hajat Buruan adalah kegiatan mencuci benda benda pusaka bertuah milik kasepuhan Tatar Sunda yang di Prakarsai oleh Abah Anton Carlian, akan diadakan di Wana Wisata Batu Mahpar yang diselenggarakan untuk mempertahankan cagar budaya Sunda di Provinsi Jawa Barat.

“Sejarah Tasikmalaya dengan Galunggung nya agar dapat di masukan pada kurikulum Sekolah Dasar, supaya generasi ke depan,paham akan sejarah,” ujar Macan Ali pada Rakor tersebut.

Dadang Macan Ali

“Nanti ketika parade pencucian pusaka, mohon para peserta parade mempergunakan baju adat tatar Sunda ya,” harap Abah Anton selaku penggagas acara Hajat Buruan.

“Kami juga berharap, acara seperti ini berlangsung secara berkesinambungan, rutin digelar setiap tahun,” ujar Abah Anton Carlian pada sambutannya.

Kasepuhan yang hadir pun turut sukacita atas niat kasepuhan Tasikmalaya, sebab selama ini mereka mengadakan kegiatan prosesi biasanya perwilayah saja.

“Kami salut atas niat Abah Anton, semoga moment acara ini bisa di jadikan tolak ukur untuk pelestarian budaya di bumi Nusantara kita,” tutup Totong selaku ketua Panitia.

 

 

Red/Gr

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *