Hadapi musim penghujan, Polres Beltim bersihkan drainase diseputaran Mako

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Beltim – Menyikapi datangnya musim penghujan, beberapa langkah antisipasi dilakukan oleh beberapa pihak, mulai dari lingkungan rumah, lingkungan Desa bahkan perkotaan. Pembersihan lingkungan memang diperlukan agar ketika terjadinya curah hujan yang tinggi tidak mengakibatkan tejadinya genangan air.

Hal tersebut dilakukan Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo, SIK.,MH, yang memerintahkan personilnya untuk melaksanakan pembersihan (kurve) Mako dan drainase air di lingkungan Polres Beltim, Jum’at ( 23/10/20 )

Kurve yang dilaksanakan oleh personil Polres Beltim dibagi beberapa titik dan diawaki oleh Perwira penanggung jawab. Kapolres Beltim memerintahkan melalui Wakapolres Kompol Agus Handoko, SH, untuk pelaksanaan Kurve di bagi menjadi 4 area sasaran. Area depan Mako, area samping kanan dan kiri serta area belakang Mako.

Selain membersihkan sampah, pesonil Polres Beltim juga membersihkan sampah hasil dedaunan yang gugur sepanjang area Mako. Untuk drainase sendiri, Wakapolres memerintahkan bukan hanya sampah yang ada, namun juga rumput yang tumbuh agar air yang di alirkan memang lancar.

Pelaksanaan kurve dimulai dari pukul 07.30 Wib sampai dengan pukul 09.00 Wib. curah hujan yang tinggi beberapa hari ini memang terjadi di wilayah Kab. Beltim dengan disertai angin kencang. Volume curah hujan yang sering berubah dan tidak bisa terukur tentu butuh penanggulangan antisipasi sejak dini. Butuh drainase yang bersih sehingga air bisa mengalir dengan lancar dan tidak terjadinya genangan yang bisa mengakibatkan banjir di wilayah daratan.

Seperti yang disampaikan Wakapolres, kurve ini untuk mengantisipasi genangan air agar tidak terjadinya banjir. Volume curah hujan yang dirasa cukup tinggi beberapa minggu ini tidak bisa kita prediksi, apa lagi curah hujan cukup tinggi belakangan ini. Untuk itu kita pandang perlu mengadakan kurve, sehingga drainase yang kita bangun bisa berfungsi dengan baik jika drainasenya bersih, tidak ada tumpukan sampah atau rumput yang tumbuh, “ujar Wakapolres”.

Kita akan melakukan kurve bukan cuma saat ini saja. Perintah Kapolres agar drainase dan sampah yang ada di lingkungan Polres tidak ada yang menjadi tumpukan sehingga bisa menjadi hambatan air mengalir. Kapolres menginginkan lingkungan Polres Beltim tetap dalam kondisi bersih. Bukan hanya untuk lancarnya aliran air, namun tentu dengan lingkungan yang bersih, kesehatan personil juga bisa terjaga, “pungkas Wakapolres”.

 

 

Pewarta : Serli Agus

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *