Keberatan atas vonis Hakim Tipikor, 4 Bendahara BPJS RSUD Batu Bara ajukan Banding

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan – Keberatan divonis dalam perkara korupsi dana BPJS,  4 bendahara JKN/BPJS RSUD Kab. Batu Bara, Sumatera Utara, mengajukan upaya banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Medan.

Tim Penasihat Hukum (PH) Advokat Zulham Rany dan Khairul Abdi Silalahi mengatakan, upaya banding telah didaftarkan ke Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (22/10/2020).

Para bendahara JKN/BPJS RSUD Kab Batu Bara, Sumatera Utara yang mengajukan banding antara lain, Khairunnisah, Ahmad Fahmi, Rianti dan Enilawati Ambarita.

Menurut Zulham Rany,  para terdakwa harus bebas dari pidana korupsi, sebab memang tidak bersalah, dan tidak ada kerugian negara dalam pengelolaan JKN/BPS RSUD Kab. Batu Bara.

“Dana BPJS yang diklaim digunakan untuk perobatan peserta BPJS, tidak ada digunakan untuk kepentingan pribadi,” jelasnya.

Khairul Abdi Silalahi juga berperan selaku penasehat hukum terdakwa menambahkan, jika RSUD Kab. Batu Bara tahun 2014-2015 belum memiliki status dan type, sejajar dengan SKPD.

“Nah, Rumah Sakit yang tanpa status dan type sejajar dengan SKPD, pendapatannya boleh digunakan langsung, ” jelas Khairul.

Berdasar dalil-dalil yang diajukan dalam memori banding, kedua PH yakin jika majelis hakim tinggi akan menyikapinya secara arif dan mengubah putusan PN Medan.

“Kami berharap alasan yang kami ajukan dapat diterima, para klien kami dapat dibebaskan dari pidana korupsi,” harap keduanya.

Perlu diketahui, para terdakwa merupakan bendahara JKN/BPJS RSUD Kab. Batu Bara tahun 2014 -2015 antara lain :

Khairunnisah (39) dan Ahmad Fahmi (41) masing-masing divonis 1 tahun 3 bulan penjara denda Rp 50 juta subsider 2 bulan kurungan.

Enilawati Ambarita (33) dan Rianti (32) masing -masing divonis satu tahun penjara denda Rp 50 juta subsider 2 bulan kurungan.

Dalam perkara yang sama dengan berkas terpisah,  Direktur RSUD Kab. Batu Bara, Marliana Lubis MKt (52) dalam sidang inabsensia juga divonis 5 tahun 6 bulan penjara, denda Rp 300 juta subsider 6 bulan kurungan  dan dibebankan mengganti kerugian negara Rp 1.096.321.495 subsider 2 tahun 9 bulan penjara.

 

 

Pewarta : ZH

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *