75 Tahun Merah Putih terbang pertama di Langit Indonesia

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Sebagai bukti semangat cinta tanah air yang begitu besar, 75 tahun lalu tepatnya tanggal 27 Oktober 1945, seorang elang muda Indonesia Agustinus Adisoetjipto dengan gagah berani menerbangkan pesawat jenis Cureng berbendera Jepang yang dirubah menjadi Merah Putih diseputaran langit Yogyakarta. Bukan tanpa sebab, ia menerbangkan pesawat tersebut untuk membakar semangat rakyat Indonesia agar terus berjuang melawan penjajahan yang masih terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Fajar Adriyanto, M.Si (Han) saat mengumumkan juara lomba inovasi dan berkreatifitas antar kesatua di TNI AU.

Lanjutnya, Peristiwa penerbangan ini tercatat sebagai sejarah penerbangan pesawat beridentitas merah putih pertama di langit Indonesia dan secara langsung memproklamirkan bahwa pesawat tersebut sudah menjadi milik Republik Indonesia.

Kini untuk mengenang kembali peritiwa heroik tersebut, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama Fajar Adriyanto memilih tanggal 27 Oktober 2020 sebagai saat yang tepat untuk mengumumkan para pemenang lomba video antar satuan TNI Angkatan Udara yang mengusung tema Bhakti Angkatan Udara pada saat adaptasi kebiasaan baru.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Fajar Adriyanto, M.Si (Han)

Selain untuk mengenang peristiwa heroic tersebut, TNI Angkatan Udara menggelar lomba dengan harapan agar para prajurit di satuannya masing-masing dapat memiliki inovasi-inovasi dan berkreatifitas untuk menggali potensi satuan-satuannya demi kemajuan TNI Angkatan Udara pada khususnya serta sebagai sarana promosi untuk meningkatkan citra positif TNI Angkatan Udara pada umumnya.

Setelah melalui tahap penjurian, Dispenau memutuskan sembilan pemenang baik dari satuan tipe A, tipe B, dan tipe C.
1. Satuan Tipe A (terdiri dari Lanud tipe A dan Kosekhanudnas):

a. Juara Pertama : Lanud Iswahjudi, Madiun
b. Juara Kedua    : Lanud Suryadarma, Subang
c. Juara Ketiga    : Lanud Silas Papare, Jayapura

2. Satuan Tipe B (terdiri dari Lanud tipe B, Wing Paskhas, Depohar dan satbravo):

a. Juara Pertama : Wing II Paskhas, Makassar
b. Juara Kedua    : Wing III Paskhas, Medan
c. Juara Ketiga    : Depohar 10, Kohatmatau.

3. Satuan Tipe C ( terdiri dari lanud tipe C dan Sathar):

a. Juara Pertama : Lanud Hang Nadim, Batam
b. Juara Kedua    : Lanud J.B. Sudirman, Purbalingga
c. Juara Ketiga    : Sathar 21, Depohar 20 Koharmatau

Atas nama Kepala Staf Angkatan Udara, Kadispenau Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto mengucapkan selamat kepada satuan-satuan yang mendapatkan penghargaan serta ucapan terima kasih kepada seluruh satuan yang telah berpartisipasi dalam lomba video tersebut. “Terus berinovasi dan membantu mengatasi kesulitan masyarakat sekeliling kita terutama dalam era kehidupan adaptasi baru,” tegas Kadispenau.

TNI AU Jauh di Langit dekat di Hati.

 

 

Red

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *