Bhabinkamtibmas bersama Kades Desa Selinsing laksanakan Panen Perdana di Lahan Ketahanan Pangan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Manggar Beltim – Desa Selinsing yang terletak di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur adalah salah satu Desa yang mendukung program ketahanan pangan yang di canangkan Pemerintah di masa pandemi covid-19 ini. Lahan seluas 1000 meter persegi ini di olah dan dimanfaatkan kerja sama antara Pemerintahan Desa Selinsing dengan Bhabinkamtibmas jajaran Polres Belitung Timur (Polsek Gantung). Senin (26/10/20).

Seperti kita ketahui, saat ini semua orang terutama Pemerintah dan aparatur Negara sedang terfokus pada percepatan penanganan penanggulangan wabah covid-19 yang sudah merebak secara luas dari Maret 2020. Sampai beberapa wilayah dilakukan penutupan untuk sementara waktu tidak membolehkan masyarakat dari luar masuk ke wilayah tersebut. Hal tersebut juga merupakan salah satu langkah untuk mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran covid-19.

 

Namun, tentu beberapa sektor terjadinya kelumpuhan, seperti sektor ekonomi dan sektor distribusi penyebaran bahan kebutuhan pokok masyarakat. Dikhawatirkan untuk daerah tertentu yang minim pengembangan bahan makanan terutama makanan pokok seperti beras dan jagung pasti akan mengalami kekurangan bahan makanan.

Terkait hal tersebut Pemerintah dan Kepolisian mempunyai inisiatif untuk mengantisipasi dan meminimalisir kekurangan bahan makanan pokok di daerah-daerah dengan cara mengadakan program lahan ketahanan pangan secara besar-besaran, hal tersebut juga untuk mengantisipasi jika wabah covid-19 makin menjadi dan berkepanjangan.

Seperti yang dilakukan oleh Desa Selinsing yang telah mendukung program lahan ketahanan pangan, sudah membuktikan membuahkan hasil. Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa dan BPD telah merasakan langsung melakukan panen hasil tanaman di lahan ketahanan pangan. 100 Kg jagung berhasil di panen pada Senin 26 Oktober 2020.

Hal seperti ini diharapkan oleh Kades Desa Selinsing Bapak Ariyanto mengatakan agar apa yang telah kami lakukan di lahan ketahanan pengan Desa Selinsing dapat di contoh dan lebih di perluas lagi oleh warga Desa Selinsing, minimal untuk kebutuhan hidup sendiri dan jika ada kelebihan dari hasil lahan yang di olah bisa membantu meringankan beban warga Desa yang membutuhkan karena terdampak covid-19.

Hasil panen jagung saat ini akan kita bagikan secara selektif bagi warga yang betul-betul membutuhkan dan memang terdampak covid-19.

Kami bukan hanya menanam jagung, ubi juga sudah ditanam, namun memang belum waktunya untuk di panen. Untuk jagung yang telah di panen nanti akan kami ganti dengan bibit tanaman yang sama atau dengan bibit tamanan yang lain.

Saya sangat mengapresiasi atas peran aktif Bhabinkamtibmas yang tidak ada hentinya mendukung dan memberikan dorongan semangat kepada kami bahkan juga bekerja sama dengan sangat baik terkait pengolahan lahan ketahanan pangan. Saya mewakili perangkat Desa yang lain mengucapkan terima kasih dan Bhabinkamtibmas Pak Bripka Yoan sudah cukup sangat memberikan pengayoman kepada warga Desa Selinsing, pungkas Kades.

 

 

Pewarta : Serli Agus

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *