Mulai 26 Oktober, Polres Belitung gelar Operasi Zebra Manumbing 2020

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Belitung – Mulai hari Senin 26 Oktober 2020 Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Belitung melaksanakan Operasi Zebra Menumbing 2020. Operasi akan digelar selama 14 mulai Senin (26/10/2020) sampai dengan Minggu (8/11/2020).

Operasi Zebra 2020 fokus pada sejumlah pelanggaran, diantaranya menyasar tindakan melawan arus dan beberapa pelanggaran dasar yang kerap dilakukan pengendara juga akan ditegakkan mulai dari tidak memakai helm hingga melanggar marka dan pelanggaran lainnya.

Saat ditemui di kantornya, Kabag Ops Polres Belitung Kompol Jadiman Sihotang seizin kapolres Belitung mengatakan, nantinya sebanyak 30 personel Polres Belitung akan dikerahkan pada giat operasi tersebut.
“Nanti akan ada sebanyak 30 personel yang terlibat Operasi Zebra Menumbing 2020,” ujarnya. Senin (26/10/20)

Tujuan dilaksanakannya operasi ini adalah untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban serta kelancaran dalam berlalu lintas. Di samping itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

“Mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Kemudian, menekan tingkat penyebaran Covid-19 dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Adapun pada Operasi Zebra 2020 tersebut yang menjadi target menurut Kompol Jadiman Sihotang selaku Karendal Ops ada 17 sasaran prioritas, antara lain :
1. Melawan Arus /Contra Flow
2. Terobos Lampu Merah
3. Anak dibawah umur menggunakan Ranmor
4. Ranmor Bak Terbuka untuk Muat Orang
5. Mengendari atau mengemudikan ranmor menggunakan gadget/HP
6. Kebut-Kebutan atau Trek-Trek an
7. Ranmor R4 atau lebih berhenti tidak pada tempatnya/akibatkan laka
8. Over speedung/melebihi batas kecepatan
9. Over loading/kelebihan muatan
10. Boncengan lebih dari satu orang
11. Mengemudi dalam keadaan mabuk (Drunk Driving)/ mengkonsumsi obat-obatan terlarang
12. Lampu utama dan lampu belakang tidak ada/tidak menyala atau diganti dengan warna yang tidak sesuai standar
13. Penggunaan rotator/sirine
14. Tidak menggunakan helm standar
15. Sabuk pengamanan/seat belt
16. Kelengkapan kendaraan
17. Kelengkapan SIM dan STNK.

Kompol Jadiman Sihotang menjelaskan Polisi Lalu lintas (Polantas) sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor ketertiban di jalan raya serta pelopor keselamatan dalam Operasi Zebra akan mengedepankan giat preemptif, preventif dan penegakan hukum (Gakkum) guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polantas.

Pada operasi kali ini juga petugas kepolisian akan fokus terhadap penerapan protokol kesehatan dalam berkendara dalam rangka pencegahan atau penularan Covid-19 di jalan.

“Kami imbau masyarakat Kabupaten Belitung, agar melengkapi surat kendaraannya saat mengemudi, seperti SIM sampai STNK untuk kendaraan bermotor. Lalu bagi pengemudi mobil diwajibkan menggunakan safety belt atau sabuk keselamatan,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Serli Agus

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *