Dengan semangat Sumpah Pemuda, “KOMPAK” dibentuk di Desa Sukajadi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pandeglang Banten – Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Setiap tanggal 28 Oktober Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda yang dicetuskan 1928. Hari Sumpah Pemuda adalah hari di mana keputusan Kongres Pemuda diselenggarakan di hari 27-28 Oktober 1928 di Batavia atau kini Jakarta.

Dalam memperingati sumpah Pemuda tahun 2020 ini pemuda desa Sukajadi yang diikutin 70 orang, bersatu menjadikan desa Sukajadi, Kecamatan Carita Pandeglang-Banten, terciptanya destinasi wisata baru yang bersifat konservasi.

Hal ini diungkapkan oleh Epul Ketua KOMPAK (Kelompok Pengerak Konservasi) ke Mitrapol.com ditempat musyawarah pemuda desa Sukajadi. Senin (27/10).

“Keprihatinan terhadap kawasan wisata Pantai Carita, yang kurang kepedulian masyarakat sekitar menjaga lingkungan hidup, inilah latarbelakang kami membentuk KOMPAK ini,” tambah Epul.

Ditambahkan Epul, Pembentuknya KOMPAK ini adalah pemuda dan pemudi desa Sukajadi yang peduli tentang pentingnya menjagamu kelestarian alam yang baru berjumlah 70 orang, yang dimana fokus utama kami yaitu perlindungan, pelestarian dan pemanfaat alam yang ada diwilayah sukajadi,

Kami memperingati hari Sumpah pemuda ini tidak mau sia-sia, untuk membuktikan bahwa kami ada, para Pemuda-Pemudi desa Sukajadi dibentuklah KOMPAK pada tanggal 27 oktober 2020 di kantor desa Sukajadi, papar Epul.

Harapan kami kedepannya, dengan dukungan dari para tokoh masyarakat, terbentuknya pemuda yang peduli terhadap lingkungan hidup bisa memberdayaan masyarakat sekitar, pemanfaatan sungai yang berada di desa Sukajadi untuk wisata mangrove, menciptakan destinasi wisata baru yang bersifat konservasi, dan edukasi terhadap generasi muda untuk pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Ditempat yang sama, Raman Wakil Ketua KOMPAK menambahkan, tujuan kelompok ini adalah untuk pelestarian, perlindungan dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di wilayah Sukajadi.

Sasaran utama kami yaitu pembersihan alur sungai yang ada di desa Sukajadi, Penanaman Mangrove untuk mencegah abrasi di sepanjang sungai, transplantasi terumbu karang, pembinaan masyarakat tentang kesadaran kebersihan lingkungan, tutup Raman.

 

 

Pewarta : Royen Siregar

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *