Tekan angka penyeludupan, Sagas Pamtas Yonif 623/BWU lakukan sweeping di wilayah perbatasan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sebatik Nunukan Kalimantan Utara – Satuan Pengamanan Perbatasan (Satgas) Pamtas RI-MLY Yonif 623/BWU Pos Bukit Keramat melaksanakan kegiatan rutin sweeping didepan Pos Dalduk Bukit Keramat, Desa Bambangan, Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kaltara. Senin (2/11/20).

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga stabilitas keamanan dan mencegah terjadinya peredaran barang-barang ilegal serta praktek penyelundupan seperti benda tajam, senpi, miras, narkoba, dan hewan langka di wilayah perbatasan.

Serda Abdul Hamid beserta tiga anggota lainnya, melaksanakan pemeriksaan kendaraan yang melintas di jalur utama, setiap pemeriksaar petugas selalu mengedepankan Protokol kesehatan Covid-19 mengunakan Masker, setiap melakukan sweeping atau pada saat kegiatan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa di daerah perbatasan tak terlepas dari penyeludupan secara ilegal, setiap hari masih banyak barang dari Tawau masuk Indonesia melalui Pulau Sebatik Dermaga Lale Salo dermaga H. Kuning.

Begitu juga dengan Tong gas yang beratnya 25 kilo itu berasal lihat dibambangan samping terminal tong gas itu dikirim untuk kebutuhan masyarakat Nunukan namun Tong gas itu masuk ke Nunukan secara illegal dari Malaysia.

Wilayah perbatasan sering dimanfaatkan oleh pelaku-pelaku penyelundupan dalam mencari keuntungan pribadi, untuk mengelabui petugas mereka sering memanfaatkan jalur-jalur perjalanan tidak resmi yang ada di desa-desa untuk menghindari pemeriksaan pkelengkapan dokumen pelintas batas negara.

Dengan menggiatkan kegiatan sweeping ini diharapkan dapat memberi efek jera dan dapat menekan kepada oknum oknum yang tidak bertanggung jawab, ujar Serda Abdul Hamid.

 

 

Pewarta : Yuspal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *