Kapolda Maluku Utara pimpin Taklimat Awal Wasrik Tahap II

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Kapolda Maluku Utara (Malut), Irjen Rikwanto membuka secara langsung Taklimat awal Wasrik tahap II yang dilaksanakan di Aula Kieraha Polda Malut, Selasa (27/10/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakapolda Malut, Brigjen (Pol) Lukas Akbar Abriari dan Pejabat Utama (Pju) Polda Malut, serta para Kapolres jajaran. Giat tersebut menerapkan protokol kesehatan dan berjalan dengan khidmat.

Wasrik merupakan aspek pelaksanaan dan pengendalian pada satuan kerja (Satker) Polda Maluku Utara dan Polres jajaran. Disisi lain, Taklimat merupakan langkah awal dalam pelaksanaan Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik).

Dalam sambutannya Irjen (Pol) Rikwanto menyampaikan, pengawasan dan pemeriksaan rutin yang dilaksanakan oleh Irwasda adalah untuk mengetahui sejak dini, sejauh mana kekurangan atau hambatan yang mungkin terjadi mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan kegiatan maupun dalam pengelolaan anggaran. Serta mengukur bagaimana kepatuhan satker dalam mempedomani aturan yang ada. Kemudian untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian intern yang telah dilaksanakan oleh para Kasatker di lingkungan Polda Malut.

“Sebagai bagian dari pemerintahan dan sebagai salah satu Institusi Pelayan Publik, Polri dituntut untuk dapat mewujudkan good governance dan clean government, terutama terkait aspek pelayanan publik, maupun aspek pengelolaan sumber daya Polri” Lanjut Kapolda.

Menurut Kapolda, hal ini sejalan dengan kebijakan Kapolri melalui tiga visi yaitu profesional, modern dan terpercaya yang dikenal dengan istilah promoter dan selanjutnya dijabarkan lebih lanjut dalam program prioritas Kapolri, yang terdiri dari 7 program.

Orang nomor satu di Polda Maluku Utara ini juga mengingatkan kembali kepada para Kasatker agar lebih meningkatkan pengawasan melekat di satuan kerja.

“Masing-masing, tidak ada lagi temuan berulang pada Wasrik tahap II yang akan kita laksanakan agar kinerja Polri pada tahun 2020 pada satker Polda maupun di Satker Polres sampai Polsek dapat lebih meningkat,” harap Kapolda.

“Serta dalam pelaksanaan Wasrik tahap II ini agar menerima dan dapat bekerjasama dengan Tim Wasrik dengan sebaik-baiknya, dan memberikan keterangan secara terbuka serta apa adanya, sehingga Tim memperoleh masukan yang benar tentang situasi dan pelaksanaan tugas di satuan kerja masing-masing,” tutup Kapolda.

 

 

Pewarta : Sahwan

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *