Kunker Pangkogabwilhan I ke Posal Temajuk Lantamal XII

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pontianak Kalbar – Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman bersama FKPD Kabupaten Sambas menerima kunjungan kerja Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M., beserta rombongan dalam rangka meninjau wilayah perbatasan RI-Malaysia di Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu (7/11/2020).

Pangkogabwilhan I beserta rombongan tiba di Lapangan Bola Temajuk dengan menggunakan Helly Super Puma SA 330 TNI milik TNI AU, landing di Lapangan Bola Temajuk disambut dengan Tarian selamat datang adat melayu, dan pengalungan syal oleh Ketua DPRD Kabupaten Sambas H. Abu Bakar, S.Pdi., kepada Pangkogabwilhan I, dilanjutkan laporan situasi Posal Temajuk oleh Komanda Posal Temajuk Letda laut (P) Achmad Fatoni, S.H., selanjutnya Pangkogabwilhan I menerima paparan singkat tentang situasi dan kondisi tentang kerawanan yang ada di wilayah Posal Temajuk dan sekitarnya oleh Asops Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Rizaldi.

Pada kesempatan tersebut, Pangkogabwilhan I memberikan pengarahan dan penyerahan secara simbolis bahan kontak dari Pangkogabwilhan I kepada Danposal Temajuk Letda Laut (P) Achmad Fatoni dan Dansatgas Pamtas Yon 642/Kps Mayor Inf Fendi Puthut.

Pangkogabwilhan I, menyampaikan bahwa saat ini Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I sudah menempati kantor sementara di Tanjung Pinang. Tugas Kogabwilhan I sesuai dengan Perpang TNI Nomot 30 tahun 2020 tanggal 27 Mei 2020 adalah sebagai penindak awal bila terjadi konflik di wilayahnya baik untuk OMP maupun OMSP dan sebagai kekuatan penangkal bila terjadi ancaman dari luar serta pemulih kondisi keamanan sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

“Selain itu, menyampaikan bahwa kunjungan ini adalah dalam rangka pengawasan evaluasi operasi (WASEVOPS), pelaksanaan operasi di wilayah Kogabwilhan I yaitu operasi siaga Pulau Terluar, Ops Pengamatan dan Pengintaian Udara (MATTAIUD), serta Ops Pamtas darat RI dan Malaysia,” ujarnya.

“Menjadi prajurit yang terpilih, sebagai Satgas Pengamanan Perbatasan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi prajurit, dan juga menjadi suatu bukti nyata bahwa prajurit sekalian merupakan komponen pertahanan NKRI. Untuk itu, saya berharap kalian mampu menunjukkan prestasi yang gemilang dan terbaik, serta berperilaku positif, sehingga kehadiran kalian akan dapat diterima dan mendapat pengakuan dimanapun kalian berada untuk mengawal keutuhan NKRI,” demikian ujar Pangkogabwilhan I.

Mengakhiri arahan Pangkogabwilhan berpesan “Keberadaan TNI AL di Pos Temajuk ini diharapkan tindak kejahatan di wilayah perairan akan dapat diminimalisir, sehingga sumber daya alam akan terus terjaga dan lebih dapat dimanfaaatkan secara optimal, untuk kepentingan bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia, hal penting lain adalah kedaulatan dan ketahanan nasional NKRI dapat terpelihara dengan baik. Menyikapi eskalasi meningkatnya pelintas batas antar negara dan wabah pandemi covid19, kepada seluruh prajurit, untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam bertugas, serta selalu menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepecayaannya masing-masing.”

 

 

Pewarta : Desy

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *