Danlantamal Xii Pimpin Upacara Tabur Bunga Dalam Rangka Hari Pahlawan Ke 75 Di Provinsi Kalimantan Barat

  • Whatsapp

Mitrapol.com, Pontianak – Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman pimpin Upacara Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke 75, bertempat di Dermaga Satrol Lantamal XII, Jalan Kom Yos Sudarso No.1 Pontianak, Kalbar, Selasa (10/11/2020).

Adapun tema Hari Pahlawan tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa” . Tujuan dilaksanakan Upacara Tabur Bunga ini adalah untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara ditandai dengan mengheningkan cipta selama 60 detik secara serentak dilaksanakan diseluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam pelaksanaan pelarungan karangan bunga menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Lemukutan yang berlayar dari Dermaga Satrol Lantamal XII menuju alur sungai disekitar Pelabuhan Kota Pontianak diikuti oleh seluruh pejabat utama dan undangan.

Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman menyampaikan bahwa “Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November merupakan bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang the founding fathers kita Soekarno yang menyatakan bahwa “Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.

Selain itu, Hari Pahlawan yang ke 75 Tahun 2020 ini, dengan tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”, artinya kita dituntut untuk meneladani sikap serta tindakan nyata yang sudah ditorehkan 75 Tahun lamanya kita semua harus meneladani apa yang mereka perjuangkan. Oleh sebab itu, sudah sepatutnyalah kita memperingati serta mengapresiasikan nilai-nilai kepahlawanan dalam setiap aspek kehidupan kita,” demikian ujar Danlantamal XII.

Danlantamal XII berpesan kepada masyarakat Kalimantan Barat khususnya generasi muda “Peringatan Hari Pahlawan tahun ini memiliki momentum berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya, dimana tahun ini kita merayakan Hari Pahlawan dalam situasi Pandemi Covid-19, artinya kita dituntut untuk menjadi pahlawan dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarak dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan.

Kegiatan dihadiri Pejabat Utama TNI/Polri Kalbar,
Unsur Forkopimda Kalbar dan Kota Pontianak, Intansi Maritim, dan Pramuka Saka Bahari.

 

Pewarta : Desy

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *