Bersama Dinas Perikanan Pemalang, BUMDes Rukun Makmur Ulujami laksanakan pelatihan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pemalang – Guna menggali potensi ekonomi, Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesMa) Kecamatan Ulujami bersinergi dan berkolaborasi bersama Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang menggelar Pelatihan olahan ikan Bandeng di rumah produksi BUMDesMa Rukun Makmur Kecamatan Ulujami. Senin, 9/11/20 siang

Sardiyan selaku Direktur BUMDes Rukun Makmur Kecamatan Ulujami berharap setelah dilaksanakan Pelatihan olahan ikan bandeng dapat meningkatkan ekonomi kawasan sesuai potensi sumber daya di kecamatan Ulujami. Selanjutnya akan ditindaklanjuti untuk terus melakukan pendampingan secara intensif kepada peserta pelatihan menjadi tenaga ahli olahan ikan bandeng yang terampil dan produktif.

Secara Umum, harapan BUMDes Rukun Makmur dapat menciptakan tenaga produktif khususnya pada olahan ikan bandeng, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan penyerapan tenaga kerja.

Selanjutnya, efek domino positif yang lain, nantinya ikan bandeng yang ada di Ulujami penyerapan olahanya lebih maksimal, karena pada saat panen raya harga ikan bandeng harga bandeng sangat murah, sedangkan biaya pakan pabrikan sangat tinggi sehingga sangat merugikan petani Bandeng.

Padahal, ikan Bandeng yang dihasilkan di wilayah ulujami sangat bagus dan kualitas super, punya ciri khas tidak bau lumpur.

“BUMDes Rukun Makmur insya Allah siap sinergi dengan para petani ikan bandeng yang ada di Wilayah Ulujami, dengan cara tidak menjual mentah keluar daerah secara otomatis akan mendongkrak perekonomian petani dan perekonomian kawasan”. Ungkapnya.

Terkait olahan ikan Bandeng, BUMDes mempunyai bidikan baru menjadi Salai Bandeng Cabut duri dan Bandeng asep Cabut Duri yang akan menjadi ikon baru di Kabupaten Pemalang dengan memperkenalkan Bandeng Presto menjadi Bandeng Salto Pemalang

Pantauan Mitrapol, Pelatihan olahan ikan bandeng di ikuti oleh 30 peserta dari kelompok ibu-ibu binaan BUMDes Rukun Makmur Ulujami dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru.

Hadir dalam pelatihan tersebut, Kabid Bina Usaha Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang, Tim Kecamatan Ulujami, Badan Kerjasama Antar Desa Ulujami.

 

 

Pewarta : Rizqon Arifiyandi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *