Madu khas Lebak di Palsukan beromzet Miliaran, Wandi As-Syaid : Itu sangat biadab !

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak Banten – Polisi telah berhasil menangkap sindikat pembuatan Madu palsu khas daerah Kabupaten Lebak dengan omzet fantastik hingga miliaran rupiah.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Banten Kombes Nunung Safruddin mengatakan. Tersangka MS telah mejalankan aksi pemalsuan madu sejak satu tahun terakhir di Jalan SMA 101 Joglo, Kembangan, Jakarta Barat. Pelaku MS mampu meraup untung sebesar 8 miliar hasil dari penjualan madu palsu yang dia edarkan ke sejumlah daerah sepeti jakarta, Jawa barat, jawa timur hingga luar pulau jawa.

“Kalau kita kalkulasi penghitungan antara modal sampai hasil, pelaku MS ini dalam satu tahun dapat meraup keuntungan Rp.8 miliar dari jualan madu saja,”Kata Nunung pada Selasa, (10/11/2020).

Wandi As-Syaid, Pendiri komunitas madu Cingagoler di Kabupaten Lebak menyebut bahwa itu perbuatan biadab, menurutnya pelaku secara tega menjual madu palsu untuk obat bagi penyakit manusia.

“Pemalsu madu itu sangat biadab, karena tega meracuni orang-orang yang butuh madu untuk kepentingan obat manusia. Kami bertahun-tahun mengedukasi warga agar mau beternak lebah, agar kita bisa menghasilkan madu untuk obat, sebagaima di tegaskan dalam kitab suci Al-quran, Surat An- Nahl, Ayat 68-69,” tegasnya

Wandi As-Syaid juga menerangkan, Kabupetan Lebak memiliki beberapa wilayah penghasil madu seperti di Cingagoler, di Desa Panggarangan, di Banjarsari dan di Talanca Malingping dari koloni lebah Apis cerana atau Lebah Nyiruan. sedangkan Lebah Klanceng atau Teuweul terdapat di Gunung Kencana, Cileles dan Rangkas bitung. selanjutnya kata Wandi, Lebah hutan atau Apis Dorsata berada di Ci beusi, Kramat jaya, Leuwi damar (Baduy-red*) dan di beberapa wilayah lain namun jumlahnya terbilang sedikit dalam kata lain, mustahil mampu menghasilkan madu berton-ton.

Peternak lebah madu asli di Cingagoler, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten telah berjalan sejak Tahun 1983 namun, sejak tahun 2007 Wandi As-Syaid baru meresmikan Komunitas Madu Cingagoler yang dia dirikan

Terungakapnya sindikat pemalsuan madu khas daerah Kabupaten Lebak tentu saja telah menyayat hati Wandi bersama teman-teman di komunitasnya, bahkan kasus tersebut bisa menjadi sebuah tamparan cukup keras bagi pemerintah daerah.

Omzet miliaran para sindikat pemalsu madu khas Lebak tersebut semestinya dijadikan parameter betapa penting Pemerintah segera mengoptimalkan produksi madu asli Lebak merupakan perwujudan dari asas desentralisasi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) agar tidak lagi di bajak pengusaha madu palsu (?)

 

 

Pewarta : Ubay Pol

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *