Lantik 85 Petugas TPS se-Kecamatan Purbolinggo, Bawaslu Lamtim ingatkan integritas

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), melantik dan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas TPS yang di Gelar oleh jajaran Bawaslu Kabupaten Lampung Timur.

Sebanyak 85 Orang Pengawas TPS se-Kecamatan Purbolinggo dilantik dan mengikuti Bimtek. Namun, di tengah pandemi covid-19 pelantikan dilakukan dua sesi untuk gelombang pertama 45 Orang dan sisa 40 Orang. Acara berlangsung di Balai Desa Tanjung Inten, Kec.Purbolinggo Lampung Timur, Minggu (15/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Purbolinggo Akih Sunaryo, S.Pd. M.Si, Babinsa Koramil Purbolinggo Serma Yudiyanto, Ketua Panwascam Purbolinggo Misbahul Munir, dan Anggota Petugas TPS yang dilantik.

Dalam sambutan Ketua Bawaslu Lampung Timur, Uslih S.Ag yang dibacakan Misbahul Munir selaku Ketua Panwascam menyampaikan, bahwa pilkada serentak rencananya akan digelar di 270 daerah pada bulan september 2020 dan tahapan tahapan.

“Pemilihan Gubernur dan Wagub, Bupati dan Wabup, serta Walikota dan Wakil Walikota serentak telah dimulai sejak bulan Oktober 2019. Namun, mengingat saat ini terjadi wabah Covid-19 dan WHO menetapkan sebagai pandemi dunia, akhirnya pemerintah menyatakan status darurat bencana dan mempertimbangkan hal tersebut. Kemudian KPU memutuskan untuk menunda tahapan Pilkada serentak sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Akhirnya pemerintah, DPR dan penyelenggara Pemilu sepakat memutuskan untuk melanjutkan tahapan pilkada serentak 2020 dan pelaksanaan pemungutan suara menjadi tanggal 9 Desember 2020. Hal ini dapat terwujud apabila dilakukan oleh para pengawas pemilihan yang berintegritas,” ungkapnya.

Ditambahkan Misbahul, ia memberikan ucapan selamat kepada Pengawas TPS yang dilantik, dan menyampaikan perinsip kerja yang harus dilakukan saat melaksanakan tugas dan tetap mematuhi aturan pemerintah perihal protokol kesehatan.

“Selamat buat bapak ibu yang terpilih menjadi Pengawas TPS, ini adalah tugas mulia yang diamanahkan oleh undang-undang. Keberhasilan dari Pengawas TPS merupakan keberhasilan bawaslu dalam mengawal semua proses tahapan Pilkada tahun ini di Kabupaten Lampung Timur. Dengan Pengawas TPS menjalankan tugas dengan baik dan tetap memperhatikan prosedur protokol Covid-19,maka tidak sia-sia bawaslu menjalankan tugasnya,” ujar Misbahul.

Sementara itu, Camat Purbolinggo Akih Sunaryo,S.Pd. M.Si, berharap Petugas TPS dapat menjalankan amanat dengan baik.

“Saudara sudah mengucapkab janji dan dipertanggung jawabkan di dunia dan akhirat.Oleh karena itu, hajat kita pada Tanggal 9 Desember 2020 mendatang akan menetukan arah dan kebijakan lima tahun kedepan Kabupaten Lampung Timur. Saya berharap emban amanah ini dengan jujur, adil sehingga akan jadi ladang amal dan ibadah kita semua,” tutupnya.

 

 

Pewarta : MM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *