DPR Gelar Rapat Paripurna atas jawaban Gubernur Sulsel Perihal Perubahan RPJMD dan Pembentukan Pansus RPJMD oleh DPRD Sulsel

  • Whatsapp

Mitrapol.com, Makassar – Dewan Perwakilan Rakyat DPRD Provinsi Sulsel kembali menggelar rapat paripurna DPRD di Ruang Rapat paripurna jl Urip Sumoharjo Kota Makassar, Senin 16 November 2020.

Rapat Paripurna dipimpin dan dibuka langsung oleh wakil ketua DPRD Sulsel Darmawangsyah Muin.ST.M.Si. Turut hadir Sekda Provinsi Abdul Hayat dan OPD Pemprov Kepala Bappeda Junaedi dan Sekretaris PU Bidang Cipta Karya dan Tata Ruang Sarbini Krs.

Pandangan Umum oleh beberapa fraksi terkait dasar perubahan RPJMD Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018-2023 dan apa yang menjadi prioritas di dalam revisi tersebut, dapat kami jelaskan bahwa perubahan RPJMD Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018-2023.

Secara normative didasari pada adanya perubahan arah kebijakan nasional melalui Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024, dan Peraturan Pemerintah Pusat Nomor 12 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang mengakibatkan perubahan struktur pendapatan dan belanja daerah termasuk turunannya Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 dan pada tataran lokal adalah disahkannya Perda No. 11 Tahun 2019 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, yang menyesuaikan tugas pokok terhadap pelaksanaan program dalam RPJMD.” Kata Wagub.

Pandemi covid-19 juga semakin melengkapi dasar perubahan RPJMD karena telah terjadi tekanan sosial, ekonomi, dan perubahan tatanan kehidupan baru yang berdampak pada target pembangunan yang telah ditetapkan pada RPJMD pokok.” Tambah Wagub.

Semua tanggapan umum fraksi dan jawaban Gubernur sulsel Terkait perubahan RPJMD(Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Sulawesi selatan dan Ranperda perubahan RPJMD itu dituangkan sebanyak 21 halaman yang dibacakan langsung oleh Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman sulaiman S.T( ASS). Di Ruang Rapat Paripurna.

Adapun Fraksi yang dimaksud mendapatkan jawaban Gubernur Sulsel terkait pandangannya yaitu Fraksi Golkar, Nasdem,PKS, PPP,PDIP, Dan PAN, Gerindra dan Demokrat, Masing mendapatkan jawaban dan penjelasan, Kemudian selanjutnya Semua Fraksi Setuju untuk dibahas lebih lanjut.

Pimpinan rapat selanjutnya sampaikan pembentukan Pansus Ranperda Anggaran th 202I dan pansus RPJMD Perubahan A.T 2018-2021, Adapun Jumlah Anggota Pansus sebanyak 20 orang dari semua fraksi, dan Semua setuju untuk dilanjutkan,” Tutup DM.

 

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *