Petani Di Kecamatan Cirinten Keluhkan Proses Pembelian Pupuk Subsidi yang Ribet

  • Whatsapp

Mitrapol.com, Lebak banten – Sejumlah petani di Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, mengeluhkan proses pembelian pupuk subsidi yang dianggapnya ribet karena harus menunjukkan kartu tani, mengisi formulir di kios, dan membawa formulir untuk ditandatangi ketua kelompok tani. Setelah itu baru bisa kembali ke kios untuk membeli pupuk subsidi.

Bahkan tidak jarang setelah semua administrasi beres, petani masih harus bolak balik ke kios tani karena pupuk yang mereka butuhkan tidak ada. Seperti diakui M. Topik yang sudah dua hari bolak-balik ke kios tani untuk membeli pupuk namun pupuk belum tersedia.

“Sekarang mah mau beli pupuk teh ribet, harus bolak-balik. Mendingan seperti dulu saja, harga standar dan bisa beli kapan saja tidak dibatasi waktu,” keluhnya, Kamis (19/11/2020).

M. Topik merupakan petani yang menggarap lahan sawah untuk di tanami padi. Selain menggarap lahan sawah sendiri juga menggarap lahan sawah orang lain dengan sistem bagi hasil.

Menurut nya, sebelum ada kartu tani bisa membeli pupuk sesuai kebutuhan secara bertahap. Kalau sekarang membeli pupuk nya harus sekaligus saat mengisi formulir.

“Harganya memang murah kalau yang menggunakan kartu tani, namun prosesnya ribet. Kadang pupuknya juga tidak ada. Sudah dua hari saya bolak balik pupuknya belum ada. Belinya juga harus sekaligus sesuai pesanan di formulirnya. Mending kalau sedang ada uang, kalau tidak punya uangnya susah juga,” ungkap M. Topik.

 

 

Pewarta : toni

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *