Dikawal Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Suranenggala-Lor, Kuwu dan Perangkat Desa Kunjungan gelar Sedekah Bumi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Cirebon – Tradisi Sedekah Bumi di wilayah Kabupaten Cirebon adalah bagian dari peninggalan sejarah para tokoh pelaku sejarah yang sampai saat ini masih diyakini sebagian warga Masyarakat di wilayah Cirebon, khususnya di Wilayah Cirebon Kabupaten.

Untuk menghormati tradisi dan adat leluhur, Kuwu Desa Suranenggala-lor Sawilo KG alias Kuwu Deny (panggilan akrabnya) diikuti seluruh perangkat Desa bersama istri, melakukan ritual berjalan iring-iringan dari Desa Menuju Makom Buyut Patih Waringin (Pangeran Adi Patih Waringin/Raden Johar) sambil memberikan curak (sawer) sebagai simbol wujud Adat dari masa kemasa menjadi turun temurun untuk selalu ingat (Pesan Singkat Mbah Kuwu Cirebon) titip Tajug dan Fakir Miskin / Yatim Piyatu. Demikian liputan Mitrapol Biro Cirebon. Sabtu (21/11/2020).

Setelah tiba di tempat Pasarean Buyut Patih Waringin Kuwu Sawilo KG bersama Istri dan seluruh Perangkat Desa yang lainnya duduk bersilah untuk melakukan Do’a bersama yang dipimpin oleh Kyai Abid, selesai Memanjatkan Do’a yang dilakukan bersama sama kemudian acara di lanjutkan di Balai Desa Suranenggala-Lor dengan bersilahturakhmi sebagai tanda syukur bahwa Acara Adat Desa Suranenggala-Lor berjalan Aman Lancar dan Kondusif.

Kegiatan diakhiri dengan Pagelaran Wayang Kulit “Langen Prangga” dengan Dalang, Abi Manyu Eka dari Gegesik Wetan.

Kuwu Desa Suranenggala-Lor Sawilo KG, menyampaikan bahwa Desa Suranenggala-lor adalah Desa yang memangku Adat Desa yang paling kuat, seluruh rangkaian kegiatan yang bersifat adat dilakukannya dengan sungguh-sungguh sehingga Masyarakat diberkahi dan menjadi Daerah yang aman, cukup Sandang, Pangan dan Papan.

Lebih lanjut Kuwu Sawilo berpesan kepada warganya untuk selalu menerapkan 3M seperti Memakai Masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan sebagai pencegahan penularan Covid-19 ya sampai saat ini masih belum berhenti, tambah Sawilo KG.

Ditempat terpisah Bhabinkamtibmas Desa Suranenggala lor Polsek Kapetakan Polres Cirebon Kota Aiptu Sukanan menyampaikan bahwa seluruh rangkaian acara Kegiatan Desa Suranenggala lor berjalan Lancar Aman dan kondusif sesuai Prokes, dirinya berpesan kepada warga Desa Suranenggala lor sebagai warga binaan Polsek Kapetakan Polres Cirebon Kota untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan dengan selalu menerapkan 3M dan menyampaikan pesan Kamtibmas dalam mengantisipasi Gukamtibmas seperti tawuran antar warga, curat curas dan curanmor (3C), bahaya akan Narkoba serta Gangguan Kamtibmas lainnya, tegas Sukanan

Lebih lanjut Aiptu Sukanan menambahkan bahwa pentingnya Mensosialisasikan AKB (Adaptasi Kebisaan Baru) dengan mengedepankan Protokol Kesehatan, seperti :
1. Tetap disiplin memakai Masker.
2. Selalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan.
3. Rajin mencuci tangan.
4. Menerapkan Pola hidup bersih dan sehat. Tutup Sukanan.

 

 

Pewarta : Darto

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *