Pilkada Lamtim,Bawaslu awasi Proses Pencetakan Surat Suara di Jawa Timur

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Timur melakukan pengawasan terhadap pencetakan surat suara yang dilakukan oleh perusahaan percetakan di Waringin Anom, Gresik Jawa Timur.

Hal itu dikatakan Uslih S.Pdi selaku Ketua Bawaslu Lampung Timur, sekaligus merangkap Koordinator divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, Jumat (13/11/2020).

” Ada beberapa hal dalam pengawasan pencetakan surat suara diantaranya.
* Pertama, jumlah seluruh surat suara yang dicetak di perusahaan tersebut harus sesuai dengan aturan yang telah disepakati.

* Kedua, memastikan jadwal waktu pekerjaan pencetakan suara.
* Ketiga, pengawasan terhadap proses pencetakan dan
* Keempat terkait dengan akses pengawas pemilu dalam melakukan pengawasan pencetakan baik pengawasan langsung maupun akses dokumen.Sedangkan,untuk proses pencetakan dimulai dari kesesuaian desain surat suara dengan hasil cetakan, mekanisme kerja mesin pencetakan dan kemampuan mesin percertakan surat suara (cetak plat, cetak surat suara), security printing, pemotongan, sortir atau pemilahan suara rusak hasil cetak dan kualitas pengepakan, “katanya.

Ditambahkan Uslih, sesuai amanat UU no.10 Tahun 2016 pasal 30 huruf A angka 6, Bawaslu Kabupaten/Kota mempunyai tugas dan wewenang untuk melakukan pengawasan terhadap perlengkapan pemilihan dan pendistribusiannya.

” Mekanisme pengendalian kualitas yang dilakukan perusahaan percetakan melalui laporan berkala,mekanisme pencetakan surat suara, surat suara rusak dan surat suara kelebihan.Selain itu, pengawasan terhadap kualitas tempat penyimpanan hasil cetak suara dan keamanan kerahasiaan cetakan surat suara,” tutup Uslih.

 

 

Pewarta : MM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *